Salah satu jenis bisnis yang tergolong paling ekonomis dan mudah untuk digeluti adalah bisnis fashion, utamanya batik. Seperti yang telah kita ketahui, saat ini batik tidak hanya dijumpai di Indonesia, tapinya juga di ajang Internasional.

Kini, batik juga telah dikategorikan dalam industri fashion untuk semua kalangan usia hingga status sosial. Hal inilah yang menjadikan sebagian besar pebisnis mulai menggeluti bisnis batik ini. Bagi anda yang tertarik dengan peluang usaha batik yang ditawarkan, dibawah ini adalah beberapa tips untuk memulai usaha batik. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Modal

Bisnis batik sangat menarik untuk digeluti lantaran modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Tapinya, banyak pebisnis yang menyalahartikan bahwa semakin besar modal yang dikeluarkan, akan semakin besar pula peluang usahanya.

Dalam hal ini, selaraskan modal yang anda miliki dengan rencana usaha saat ini sampai kedepannya. Untuk mempermudah anda, sebaiknya proyeksikan keuangan bisnis selama 3 tahun ke depan agar anda mempunyai gambaran terkait modal yang tepat untuk ditanam.

Tak hanya bertumpu dengan operasional bisnis, modal awal yang anda miliki juga bergantung pada lokasi usaha, supplier, dan juga sistem promosi yang diimplementasikan. Hal ini tentunya akan menjauhkan bisnis anda dari kerugian yang diakibatkan oleh modal yang selangit. Pasalnya, menggelontorkan modal uang yang terlalu besar tidak mampu menjamin keberhasilan usaha anda.

2. Lokasi usaha

Salah satu kunci keberhasilan dari bisnis batik ialah pemilahan lokasi usaha yang tepat. Semakin banyak orang-orang di sekitar tempat usaha yang meminati batik, maka akan kian melonjak juga penjualan anda. Lantaran pangsa pasar bisnis ini untuk semua kalangan, upayakan untuk menetapkan lokasi yang banyak didatangi orang.

Anda bisa mempertimbangkan lokasi usaha yang berdekatan dengan pasar, pusat kota, ataupun sekolahan. Tidak hanya itu, anda juga bisa menjual batik anda di tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Perlu anda ketahui, lokasi usaha juga akan membentuk kompetisi pasar terkait bisnis yang anda geluti. Apabila tempat itu ramai dikunjungi para peminat batik, maka anda akan menemukan banyak usaha sejenis. Untuk itu, sebaiknya lakukan riset untuk melakukan perbandingkan dengan pesaing yang ada.

3. Promosi

Untuk menggeluti bisnis batik ini, anda pun perlu melakukan promosi secara gencar dan getol. Menerapkan strategi promosi yang baik dan unik tentu akan membantu para konsumennya untuk mudah mengingat produk batik dari usaha anda.

Anda bisa mempromosikannya dengan memanfaatkan beragam jenis media sosial yang tengah digandrungi masyarakat saat ini, seperti Instagram, Twitter, Facebook, maupun Path. Tak hanya itu, anda juga bisa menggunakan iklan berbayar, yang bisa menayangkan sejumlah produk yang anda jual.

4. Materi

Dalam menggeluti bisnis batik ini, anda harus mampu mengenali produk yang anda jual. Pengetahuan perihal salah satu budaya bangsa ini mampu memberikan diferensiasi dari usaha sejenis yang hanya mengutamakan laba semata. Apabila anda menekuni bisnis batik ini dengan produk yang berkualitas dan pengenalan akan produknya baik, dapat dipastikan anda mampu bersaing dengan kompetitor lainnya yang sudah lama menekuni usaha ini.

5. Pengalaman menjadi modal utama

Sejatinya, setiap usaha yang digeluti dengan sungguh-sungguh dan tekun akan mampu menghasilkan keuntungan yang optimal. Memang, sebuah proses dalam menjalani bisnis bisa menjatuhkan anda, tapinya jika disikapi dengan baik, maka hal tersebut akan memberikan pengalaman yang dapat dijadikan sebagai modal utama anda untuk berbisnis di kemudian hari.