Berita Bola – Penyandang nomor punggung 10 bisa dikatakan sebagai pemain yang spesial. Dari sekian banyak ada lima sosok yang ditafsir sebagai penyandang nomor 10 terhebat. Bila mendengar dan melihat pemain bernomor 10, maka kita pasti mencitrakan soal kehebatan. Bukannya tanpa sebab, pemain bernomor punggung ini bisa dinilai sebagai sumber serangan suatu kesebelasan.

Mulanya, pemain bernomor 10 disandang oleh penyerang bayangan. Namun, seiring berkembangnya sepakbola, pemain yang menyandang nomor ini juga biasanya diperankan sebagai playmaker untuk menciptakan pola permainan. Siapapun yang mengenakan nomor ini bukanlah pemain sembarangan. Berikut 5 lama pemain penyandang nomor 10 terhebat :

1. Zico

5 Pesepakbola Penyandang Nomor 10 Terpopuler Di Dunia 1


Pemain yang disapa The White Pele ini adalah salah satu pemain tengah terbaik di dunia sepakbola. Visi dan penyelesaian fantastis mewarnai kiprahya bersama tim nasional Brasil di masa 1970-an dan awal 1980-an. Selama kurun waktu ini, dia dinilai sebagai pemain terhebat di dunia. Tim Brasil yang kala itu memang punya kesebelasan yang dihiasi banyak bintang. Zico diangkat sebagai pemimpin pasukan bintang itu. Namun, ia tetap menjadi salah satu pemain terhebat yang tak pernah menjuarai Piala Dunia.

2. Zinedine Zidane

5 Pesepakbola Penyandang Nomor 10 Terpopuler Di Dunia 2


Zidane tentu sangat melegenda di benua biru. Kala masih merumput, Zidane pernah mengantarkan Timnas Perancis menjuarai Piala Dunia untuk yang pertama kalinya. Untuk tingkat klub, Zizou menjuarai titel La Liga bersama Real Madrid dan dua titel Seri A bersama Juventus. Zidane dinominasikan sebagai pemain terbaik sebanyak tiga kali (1998, 2000 dan 2003). Legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano pernah mendeskripsikan sosok Zizou. Dia berkata Zidane merupakan pemain yang sangat berkharisma, dia memiliki aura dan sesuatu yang berbeda dari pemain lain.

3. Pele

5 Pesepakbola Penyandang Nomor 10 Terpopuler Di Dunia 3


Michel Platini pernah mengatakan, bermain bersama Pele layaknya bermain bersama Tuhan. Ia merupakan bintang pertama yang hadir di dunia sepak bola. Membahas mengenai Pele tentu tak akan ada ujungnya. Dia selalu menyandang nomor 10 untuk Brasil dan berhasil menyabet tiga gelar Piala Dunia. Pele digadang-gadang sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Bahkan, Pele diberi julukan sebagai raja sepak bola. Sebuah pujian spesial mengingat skuat Brasil pada eranya diisi oleh pemain-pemain yang berkualitas tinggi.

4. Diego Maradona

5 Pesepakbola Penyandang Nomor 10 Terpopuler Di Dunia 4


Maradona boleh dikatakan lebih dari seorang atlet sepakbola. Dia adalah seorang juru selamat bagi negaranya, Napoli, dan Boca Juniors. Maradona seperti karunia terindah yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa untuk sepakbola. Saat masih aktif merumput, Maradona mengenakan seragam bernomor 10. Dia banyak mennciptakan gol ajaib dan spektakuler. Termasuk gol abad ke-20 kala menghadapi Inggris di Piala Dunia 1986. Napoli bahkan sampai mengistirahatkan nomor 10 untuk menghormati jasa Maradona. Visinya menciptakan gol dan berhasil menjuarai Piala Dunia untuk Argentina pada 1986 merupakan torehan terbaiknya.

5. Lionel Messi

5 Pesepakbola Penyandang Nomor 10 Terpopuler Di Dunia 5


Magis pemain berdarah Argentina ini seperti tidak pernah ada ujungnya. Bersama Barcelona, Lionel Messi berubah menjadi pemain terhebat di jagat ini. Rasanya seperti tidak mungkin bagi pemain manapun untuk merampas bola dari kedua kakinya. Akselerasi, kekuatan tendangan kaki kiri, serta kepiawaiannya mengeksekusi tendangan bola mati jadi senjata pamungkas pemain yang berjuluk La Pulga itu.

Salah satu bukti kepiawaian Messi ditunjukkan kala membawa tim Catalan meraih sukses sensasional dengan merengkuh enam trofi sekaligus pada 2009. Semua titel di level kesebelasan maupun individual pernah dicapainya, termasuk lima titel Ballon d’Or.