5 Penyakit Serius yang Terdeteksi Melalui Gigi

Jakarta: Mulut Anda dapat diibaratkan sebagai mesin karena memiliki banyak kegunaan. Jika mulut bermasalah, tak menutup kemungkinan kesehatan Anda secara umum juga bermasalah.

Dokter gigi sering menemukan masalah kesehatan serius ketika Anda sedang melakukan perawatan gigi, dan penyakit-penyakit tersebut umumnya tidak Anda disadari.

1. Diabetes
Juru bicara Academy of General Dentistry mengatakan, kondisi mulut kering karena kurangnya produksi air liur dapat menjadi tanda penyakit diabetes. Anda mungkin tidak menyadari jika produksi air liur berkurang. Dokter gigi melihat kekeringan secara cepat dan bau mulut yang tidak wajar sebagai hal yang mencurigakan.

Apa yang harus dilakukan?
Menurut sebuah studi terbaru, dokter gigi Anda harus segera menyaring dan mengontrol diabetes melalui darah yang dikumpulkan dari gusi. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengecek glukosa darah.

2. Asam lambung
Dokter Meinecke mengatakan, substansi dengan pH 5,5 atau lebih rendah dapat melarutkan enamel gigi Anda. Dan penyebabnya adalah asam lambung jika pH Anda mencapai 1,5.

Menurut sebuah studi di International Journal of Dentistry, satu dari empat orang dengan penyakit lambung kronis memiliki erosi gigi, kadang-kadang tanpa mengalami mulas atau gejala jelas lainnya.

Sebaiknya segera lakukan pengobatan terhadap pencernaan Anda sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Termasuk masalah pernapasan dan kanker kerongkongan.

3. Penyakit usus
Dokter gigi melihat benjolan besar seperti batu-batuan di gusi kanan pada sekitar gigi Anda. Hal ini terjadi karena peradangan yang terjadi di usus.  Peradangan di usus dapat memengaruhi mulut. Karena benjolan ini tidak menyakitkan, banyak orang yang tidak menyadari sebelum dokter menemukannya.

Selain itu, sariawan secara berulang-ulang dan benjolan yang menyakitkan di mulut juga bisa menjadi tanda peradangan atau penyakit lain dari penyakit radang usus.

Tanyakan kepada dokter gigi Anda dan mintalah kartikosteroid topikal untuk menenangkan peradangan di mulut. Selain itu, periksa juga kondisi usus Anda.

4. Penyakit jantung
Tanda-tanda seperti gusi bengkak atau berdarah dapat menjadi pertanda risiko penyakit kardiovaskular. Kelebihan berat badan dan faktor turunan juga menaikkan risiko penyakit jantung.

Tanyakan kepada dokter gigi tentang bagaimana mengobati penyakit gigi Anda. Kunjungi juga dokter spesialis jantung untuk memastikan keadaan jantung Anda.

5. Kanker
Dokter gigi Anda akan melihat perubahan warna di mana jaringan terlihat lebih putih atau merah daripada biasanya. Ini adalah pertanda umum dari kanker mulut yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV).

Dr. Meinecke mengatakan, tanda-tanda tersebut bisa terjadi kepada siapapun. Dokter gigi akan meminta Anda datang kembali setelah tujuh hari untuk melihat apakah ada perubahan yang terjadi.

Jika tidak, gunakan biopsi. Jika kanker terdeteksi dini, cara ini akan meningkatkan kemungkinan keberhasilan dalam pengobatan. (Ningtriasih/Men’s Health)
ROS

Sumber : metrotvnews.com