Musim bursa transfer Liga Inggris 2015/2016 telah dihelat dan banyak berita transfer yang bermunculan di media sosial maupun surat kabar. Dari antara sejumlah pemain yang beralih klub, ada beberapa pemain kenamaan yang tergabung dengan klub-klub hebat Inggris.

Transfer pemain terbaru berasal dari Paul Pogba yang sukses didatangkan Manchester United. Pemain kelahiran 15 Maret 1993 itu dibeli dengan banderol 89 juta poundsterling dari Juventus. Dengan pencapaian tersebut, Pogba didaulat menjadi pemain termahal di duni mengalahkan rekor yang dimiliki Gareth Bale.

Besar kemungkinan, Paul Pogba bukanlah menjadi nama terakhir dalam transfer pemain Liga Inggris di musim ini. Pasalnya, era bursa transfer musim panas ini masih akan dilangsungkan sampai awal September mendatang. Akan ada beberapa klub besar Inggris yang masih menggencarkan aksinya untuk memburu pemain. Berikut ini adalah lima transfer pemain Liga Inggris yang sudah terjadi di bursa transfer 2015/2016.

1. Granit Xhaka (Arsenal)

Dalam transfer Liga Inggris, The Gunners adalah klub yang lebih awal memburu sejumlah pemain. Sebelumnya, Arsenal melakukan transfer pemain menjelang masa-masa penutupan bursa transfer. Klub asuhan Arsene Wenger itu berhasil didatangkan dari Borussia Monchengladbach dengan banderol 30 juta poundstering. Angka ini menjadikannya sebagai pemain ketiga termahal bagi Arsenal.

Sang pelatih, Arsene Wenger sendiri optimis jika kehadiran Xhaka di skuad The Gunners mampu mendongkrak kualitas permainan Arsenal. Rupayanya, Wenger telah memantau performa pemain berusia 23 tahun itu sudah sejak lama.

2. Ilkay Gundongan (Manchester City)

Nama pemain yang masuk dalam transfer Liga Inggris kedua adalah Ilkay Gundongan yang berhasil diboyong Manchester City dari Borussia Dortmund. Pemain berkebangsaan Jerman itu diboyong dengan banderol sebesar 20 juta poundsterling. Masa kerjanya bersama The Citizens adalah empat tahun dan akan bersaing dengan pemain kenamaan lainnya seperti Fernando, Yaya Toure, dan Samir Nasri.

3. Zlatan Ibrahimovic (Manchester United)

Salah satu transfer Liga Inggris yang menjadi sorotan di mata publik adalah transfer pemain Zlatan Ibrahimovic dari PSG ke Manchester United. Sebelum resmi berlabuk ke The Red Devils, pemain berkebangsaan Swedia itu sudah mengisyaratkan jika dirinya ingin pergi ke Liga Inggris. Tapi saat itu Ibrahimovic belum memastikan klub tujuannya.

4. Henrikh Mkhitaryan (Manchester United)

Dalam transfer Liga Inggris musim ini, pelatih Manchester United, Jose Mourinho lebih memusatkan perhatiannya ke lini tengah. Menurutnya, lini tengah di skuad The Red Devils dinilai kurang bagus di musim lalu. Henrikh Mkhitaryan menjadi salah satu nama pemain yang dinilai mampu memenuhi kebutuhan MU.

Pemain kelahiran 21 Januari 1989 itu pun akhirnya sukses digaet Manchester United dari Borussia Dortmund dengan banderol 30 juta poundsterling. Selain karena MU adalah klub besar di Liga Inggris, Mkhitaryan mengaku jika pilihannya itu dijatuhkan karena ada sosok Jose Mourinho didalamnya. Bahkan sang pelatih pun memuji Mkhitaryan sebagai pemain yang serba bisa di setiap pertandingan.

5. Paul Pogba (Manchester United)

Saat ini, publik banyak memperbincangkan terkait transfer Liga Inggris di kubu Manchester United yang kembali membeli Paul Pogba. Melalui proses negosiasi yang pelik, akhirnya Pogba pun berhasil didatangkan The Red Devils dari Juventus dengan banderol yang fantastis, yakni 89 juta poundsterling.

Transfer pemain Paul Pogba ini pun menjadikannya sukses menorehkan rekor sebagai pemain termahal di dunia. Sebelumnya, rekor ini dicapai oleh Gareth Bale ketika Real Madrid memboyongnya dari Tottenham Hotspur di tahun 2013 dengan banderol 85 juta poundsterling.