Pasca proses melahirkan, bukan berarti saat ini anda terluputkan dari tanggung jawab untuk memilah jenis makanan yang dikonsumsi. Seorang ibu yang mengharapkan sesuatu yang terbaik bagi sang buah hati tentunya akan memberikan nutrisi yang terbaik pula demi tumbuh kembang anak.

Setiap ibu menyusui juga harus menghindari asupan makanan yang dilarang, sehingga tidak berimbas buruk bagi air susu ibu dan buah hati anda yang meminumnya. Seperti yang telah kita ketahui, seorang bayi diwajibkan untuk mendapat ASI selama 6 bulan.

Oleh karena, setiap ibu harus pintar-pintar dalam mengasup makanan yang sehat dan memberikan nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembang sang buah hati. Berikut ini adalah beberapa jenis pantangan makanan ibu menyusui yang perlu anda ketahui, sehingga asupan nutrisi bagi sang buah hati selalu terpenuhi setiap harinya.

1. Kafein

Mengasup makanan maupun minuman yang kaya akan kandungan kafeinnya, seperti kopi, cokelat, teh, dan juga minuman bersoda perlu dibatasi konsumsinya oleh ibu yang sedang menyusui. Bagi anda yang bukan pecinta kopi, anda bisa menghindarinya selama masa menyusui, namun jika sebaliknya, sebaiknya batasi konsumsi kafein demi terpenuhinya nutrisi bagi buah hati anda.

Pasalnya, kandungan kafein yang diasup akan mengalir ke peredaran darah anda, sehingga akan masuk juga ke dalam air susu. ASI yang telah tercampur dengan kandungan kafein tersebut, otomatis akan masuk ke dalam sistem perdaran darah bayi anda. Apabila kandungannya terlalu tinggi, maka akan membuat jantung bayi anda berdebar dan menjadikannya kesulitan untuk tidur.

2. Ikan bermerkuri tinggi

Sejatinya, ikan merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein, mineral dan vitamin yang sangat vital untuk ibu dan juga bayi. Namun, dalam pemilihannya, anda haru berhati-hati karena ada jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi. Beberapa jenis ikan yang menjadi pantangan ibu menyusi ialah ikan todak, toman, tenggiri, tuna, marlin, dan ikan telang.

Ada baiknya, anda mengasup jenis ikan seperti, patin, teri, kakap, lele, nila, dan bawal yang lebih rendah kandungan merkurinya. Perlu anda ketahui, merkuri merupakan suatu senyawa yang mampu meracuni otak bayi anda

3. Alkohol

Ibu menyusui juga perlu menghindari minuman beralkohol. Layaknya saat menjalani masa kehamilan, setiap ibu harus mengatakan tidak pada jenis minuman yang satu ini. Saat masa-masa menyusui, sebaiknya mengasup makanan untuk ibu menyusui dan minuman yang lebih sehat, sehingga akan menjamin mutunya untuk buah hati anda. Pasalnya, asupan alkohol yang anda konsumsi akan berpengaruh pada perkembangan otak dan kesehatan anda dan bayi.

4. Teh Mint

Pantangan ibu menyusui yang perlu anda ketahui adalah teh mint. Apabila mengasup jenis minuman yang satu ini, maka produksi air susu anda akan terhambat karena teh mint bisa menjadikan ASI mengering. Apabila anda gemar meminumnya, sebaiknya batasi konsumsinya agar kebutuhan bayi akan ASI selalu terpenuhi dengan baik.

5. Merokok

Pantangan ibu menyusui yang terpenting adalah merokok. Zat nikotin yang dimiliki rokok akan menyebar ke dalam perderan darah ibu, sehingga akan terakumulasi dalam air susu ibu. Ketika menyusui, bayi anda akan meminum air susu yang mengandung nikotin tersebut, sehingga kandungan tersebut akhirnya masuk ke dalam peredaran darah bayi dan berimbas buruk bagi tumbuh kembangnya. Apabila anda perokok pasif, upayakan agar anggota keluarga anda yang termasuk sebagai perokok, tidak merokok di hadapan anda.