Diare merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan yang dapat diakibatkan oleh dehidrasi, sehingga sangat krusial bagi setiap kita untuk mengetahui apa saja obat diare yang manjur. Pada dasarnya, apabila sistem imunitas yang dimiliki penderitanya baik, maka diare dapat sembuh dengan sendirinya.

Tapinya jika terjadi secara terus menerus, tentunya akan sangat mengganggu kegiatan kita dan jika tidak memperbanyak asupan cairan, maka akan menyebabkan dehidrasi, dimana kondisi ini dapat berimbas buruk dan bisa mengancam nyawa seseorang.

Tak hanya dehidrasi, ada beragam faktor lainnya yang bisa menyebabkan diare, mulai dari alergi makanan, mengasup makanan beracun, alergi obat, infeksi bakteri, maupun mengkonsumsi makanan yang yang terlalu pedas atau asam.

Diare juga bisa terjadi karena kurang terjaganya kebersihan di lingkungan sekitar, sehingga kuman dan bakteri dengan mudah masuk ke dalam sistem pencernaan dan menyebabkan diare. Faktor stres ternyata juga bisa berimbas pada munculnya diare.

Lalu bagaimana cara mengatasi diare yang efektif? Pada dasarnya, masalah pencernaan ini dapat dilenyapkan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang dengan mudah kita jumpai di lingkungan sekitar. Dibawah ini akan dibahas terkait cara alami mengatasi diare yang perlu anda ketahui.

1. Daun jambu biji

Sejak dulu, daun jambu biji dikenal sebagai obat diare alami yang terbukti kemujarabannya. Untuk mengobati diare menggunakan daun jambu biji, anda perlu menggunakan daun yang masih muda, kemudian dicuci dulu hingga bersih. Anda bisa mengasupnya secara langsung dengan membalutkan sedikit garam supaya rasanya tidak pahit.

Jika tidak, anda bisa meramunya dalam bentuk minuman. Caranya mudah, anda hanya perlu merebus beberapa helai daun jambu biki dalam 2 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan saring untuk mengambil airnya. Minum sebanyak 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Yoghurt

Yoghurt juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare alami yang ampuh untuk meluputkan masalah pencernaan yang satu ini. Miliki rasa yang enak dan menyegarkan, yoghurt tidak hanya disukai oleh orang dewasa, tapinya juga anak-anak. Ketika sedang diare, anda bisa mengkonsumsi minuman ini sebanyak 3 kali sehari.

3. Campuran beras ketan dan kunyit

Obat diare alami yang berikutnya adalah campuran beras ketan dan kunyit. Caranya, anda perlu menyiapkan 100 gram beras ketan dan 1 jari kunyit. Goreng kedua bahan tersebut tanpa menggunakan minyak sampai kecoklatan. Kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan 1 gelas air panas dan minum sebanyak 3 kali sehari untuk melenyapkan masalah diare.

4. Cuka apel

Cuka apel menjadi salah satu produk dari olahan buah apel yang bermanfaatkan untuk meluputkan masalah pencernaan, utamanya diare. Di dalamnya, cuka apel miliki kandungan pektin yang berfungsi untuk menyembuhkan diare. Dalam pembuatannya, anda hanya perlu menyiapkan cuka apel dan menggunakannya beberapa tetes ke dalam 1 gelas air matang. Minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Bubuk kulit kayu manis

Umumnya, kulit kayu manis kerap digunakan sebagian besar orang sebagai bumbu dapur dalam campuran masakan. Tapinya, bumbu dapur yang satu ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat alami diare yang cukup ampuh. Caranya, sediakan 1,5 gram bubuk kayu manis dan segelas air panas. Campurkan serbuk kayu manis tersebut ke dalam air yang sudah disiapkan, kemudian saring untuk mengambil airnya. Minumlah ramuan ini setelah dingin dan agar sembuh dengan cepat, konsumsilah sebanyak 2 kali sehari sampai sembuh.