Menurut banyak orang, khususnya anak kecil, sayuran merupakan makanan yang tidak enak. Padahal, sayuran hijau memiliki berbagai mancam kandungan penting yang bermanfaat untuk kesehatan. Semakin hijau warna sayuran kita konsumsi, maka tubuh kita akan semakin banyak mendapatkan nutrisi. Beragam manfaat sayuran hijau yang dapat kita peroleh diantaranya :

1. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit serius yang bisa dicegah dengan konsumsi sayuran hijau setiap harinya. Pasalnya, di dalam sayuran hijau terkandung juga lutein, betakaroten, alfakaroten serta klorofil yang mampu menjaga melindungi sel tubuh yang lemah dari serangan benih kanker di dalam tubuh.

2. Menghancurkan Radikan Bebas dalam tubuh

Radikal bebas di dalam tubuh dapat dihancurkan dengan kandungan antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau. Tak hanya itu, kandungan antioksidan ini juga mampu memproteksi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan gangguan fungsi organ yang sangat serius untuk segera diatasi. Untuk anda yang sistem pencernaannya terganggu, anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau setiap harinya untuk membantu melancarkan sistem perncernaan anda berkat dimilikinya serat kasar yang tidak dapat terurai di dalam tubuh.

4. Menguatkan Tulang

Salah satu manfaat sayuran hijau lainnya adalah untuk menyongtulang. Tak hanya mengandung serat, sayuran hijau juga kaya akan kalsium yang berkhasiat untuk menyongkong jaringan tulang di dalam tubuh.

5. Menu Diet Sehat

Sayuran hijau kaya akan kandungan serat sehingga sangat baik dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani program diet. Anda bisa menjadikan sayuran hijau sebagai santapan pengganti nasi di waktu makan malam anda. Karena, hanya dengan menghabiskan satu porsi sayuran hijau, akan membuat anda merasa kenyang.