Sebagian besar masyarakat kerap kali beranggapan bahwa kopi adalah salah satu minuman yang tidak menyehatkan lantaran mengandung kafein yang tinggi sehingga bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Pada dasarnya kopi merupakan minuman kaya manfaatnya apabila dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan. Namun yang perlu diperhatikan untuk anda yang memiliki gangguan lambung, sebaiknya mengkonsumsi kopi setelah makan nasi, sehingga tidak meningkatkan asam lambung di dalam tubuh. Dibawah ini merupakan manfaat kopi untuk kesehatan yang perlu kita ketahui :

1. Menghindari stres

Berdasarkan studi yang ada, membuktikan bahwa kopi bermanfaat untuk menghindari stres, khususnya bagi para wanita. Konsumsi 2 cangkir kopi setiap harinya memicu gen guna melindungi sel-sel saraf di dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan hati

Kafein yang terkandung di dalam kopi memiliki khasiat untuk memelihara kesehatan organ hati. Tak hanya itu, konsumsi kopi secara rutin namun tidak berlebihan, mampu mengurangi resiko seseorang untuk terserang penyakit primary sclerosing cholangitis yakni suatu penyakit yang menyerang hati atau gagal hati.

3. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat kopi yang perlu kita ketahui adalah menurunkan berat badan. Konsumsi kopi setiap harinya dengan kadar yang tidak berlebihan, akan mampu mengurangi nafsu makan anda, sehingga membantu anda untuk menurunkan berat badan.

4. Menurunkan resiko diabetes
Untuk mengurangi resiko diabetes, anda bisa memanfaatkan khasiat kafein yang terkandung di dalam kopi. Kendati demikian, anda perlu memperhatikan kadar gula yang dicampurkan dalam segelas kopi yang anda konsumsi.

5. Mencegah kanker kulit

Tak hanya mampu mengubah suasana hati menjadi positif, kopi juga mampu menangkal penyakit kanker kulit. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa sebagian besar wanita yang meminum dua cangkir kopi dalam satu hari, jauh lebih kecil memiliki resiko kanker kulit jika disandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak meminumnya.