5 Makanan yang Dapat Mencegah Diabetes

Kemajuan ilmu gizi dan kesehatan memberikan wawasan yang dapat membantu seseorang untuk terhindar dari penyakit. Pemilihan asupan makanan yang tepat ternyata banyak memberikan manfaat untuk kesehatan.

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang cukup serius. Untuk menghindarinya, pilihlah jenis makanan dan minuman yang dapat mengontrol kadar gula darah Anda.

1. Kurma
Buah berwarna coklat dan lengket ini tidak hanya memiliki rasa manis tapi kaya akan serat, sehingga menjadi camilan yang ‘ramah’ untuk diabetes. Menurut sebuah penelitian, kurma lebih kaya akan antioksidan dibanding  anggur, jeruk, brokoli dan paprika.

2. Susu
Susu adalah salah satu sumber terbaik kalsium dan vitamin D. Susu juga merupakan nutrisi yang ramah bagi gula darah. Anda dapat memilih produk susu lainnya seperti keju dan yogurt rendah lemak untuk mencegah diabetes. Minumlah susu dengan sereal untuk sarapan atau keju sebagai camilan.

3. Flax Seeds
Biji-bijian yang tumbuh di daerah yang dingin ini kaya serat dan asam alfa-linolenat, yang akan diubah tubuh menjadi omega-3. Flax Seeds telah dikenal untuk menurunkan gula darah dan kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya. Gunakanlah sebagai sarapan dengan campuran oatmeal.

4. Sage
Tanaman berbunga ungu ini meningkatkan aktivitas dan sekresi insulin, yang membantu untuk mengekang gula darah di level pra-diabetes dan menjaganya dalam tipe 2 diabetes. Selain itu juga menjaga hati Anda berfungsi dengan baik, dengan demikian meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Menurut sebuah penelitian di Jerman, mengkonsumsi sage dengan perut kosong dapat mengurangi kadar glukosa darah. Ramuan ini juga dapat ditambahkan dalam teh.

5. Kacang
Karena kacang tinggi serat, maka akan membantu Anda merasa kenyang, gula darah stabil, dan kolesterol lebih rendah. Selain itu para ahli mengatakan, kacang dapat membakar lemak tubuh karena mengandung kalsium. Tambahkan kacang dan tauge untuk salad atau masukkan dalam sup Anda. (Times of India)
AWP

Sumber : metrotvnews.com