yandex
Bisnis

5 Kiat dan Kunci Sukses Rintis Bisnis Online Bagi IRT

Meskipun tugas utama dari seorang ibu rumah tangga adalah mengurus anak dan suami tercinta, tapinya hal ini bukan menjadi alasan untuk anda berdiam diri saja dirumah. Anda bisa melakukan suatu kegiatan yang produktif yang dapat menghasilkan uang untuk menambah pemasukan keluarga anda, salah satunya adalah dengan berbisnis online.

Sejatinya, bisnis melalui sistem online bisa dilakukan setiap ibu rumah tanpa meluputkan tugasnya untuk mengawasi dan menemani putera dan puterinya di rumah. Pasalnya, jenis usaha yang satu ini tidak menuntut waktu yang padat apabila dibandingkan dengan membuka toko. Anda bisa mengerjakannya di waktu senggang, misalnya ketika si kecil sedang beristirahat.

Tak hanya lebih fleksibel dalam urusan waktu, bisnis online juga lebih murah apabila dibandingkan dengan anda membuka toko yang bermodalkan dana besar. Anda hanya perlu membuka marketplace sejenis toko online yang saat ini sedang marak. Bagi anda yang tertarik menggelutinya, berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis online bagi para ibu rumah tangga.

1. Pilih produk yang tahan lama

Apabila anda tertarik untuk menggeluti bisnis online, lebih baik pilih produk yang yang tahan lama. Apabila anda ingin membuka berjualan makanan, pilihlah makanan yang awet, seperti rendang ataupun keripik. Sajikan dengan kemasan yang menarik dan mampu memikat hati konsumen, agar produk dari usaha anda laris dibeli konsumen.

2. Kemas dengan tampilan yang semenarik mungkin

Bisnis online mengharuskan setiap ibu rumah tangga mempunyai kemampuan untuk menyajikan produknya dengan kemasan yang menarik. Pastikan anda membuat kemasan yang aman, anti basah, dan kuat, sehingga produk tersebut akan tetap terjaga kualitasnya saat sampai ke tangan konsumen.

Untuk menciptakan kemasan yang baik dan menarik, anda bisa belajar melalui internet maupun bereksperimen sendiri untuk membuat kemasan semenarik mungkin dan telah memenuhi standarnya. Yang perlu anda ingat adalah kemasan sangat berpengaruh terhadap kondisi produk yang akan dikirimkan ke konsumen.

3. Beri keterangan yang lengkap dan benar

Dalam menggeluti bisnis online, anda juga dituntut untuk memberikan keterangan terkait informasi produk dan usaha ini selengkap-lengkapnya. Hal ini akan memberikan kepuasan kepada para konsumen terhadap produk yang anda jual. Tidak hanya itu, anda juga perlu menghindari penggunaan bahasa yang berlebihan yang nantinya akan menjadikan konsumen tidak berminat untuk membeli produk yang anda jual.

4. Bersikap secara professional

Meskipun usaha online tergolong sebagai bisnis sampingan saja, tapinya anda juga perlu memiliki sikap yang professional. Salah satunya adalah memberikan tanggapan dari pentanyaan yang diberikan oleh konsumen dengan cepat. Selain itu, bentuk profesionalitas yang bisa anda tunjukan juga berupa ketepatan dalam pengiriman barang.

Dengan menerapkan kebiasaan tersebut sebagai rutinitas dalam berbisnis online, maka konsumen akan mempercayakan anda dan di kesempatan berikutnya, mereka pun akan kembali membeli produk-produk yang anda jual. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam bertransaksi online di markerplace anda.

5. Manfaatkan Media Sosial

Selain menggunakan marketplace untuk berbisnis online, anda juga direkomendasikan untuk menjajakan produk anda melalui media sosial yang kini tengah marak, yakni seperti Instagram, Facebook, dan juga Twitter. Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk mempunyai akun tersendiri di medsos untuk berjualan.

Agar tidak mengganggu akun pribadi anda, pisahkanlah akun untuk berjualan sehingga mempermudah para konsumen untuk melihat koleksi-koleksi dari produk yang anda jual. Hal ini sangatlah efektif bagi anda para ibu rumah tangga yang tertarik untuk menggeluti bisnis online dari rumah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button