TRENDING NEWS

Saturday, Apr 20 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

5 Kebiasaan Yang Acap Diperbuat Orang Yang Kurang Tangkas

2516 2516

March 20, 2017

Jakarta – Dunia yang kita huni terdiri dari beraneka ragam individu dengan level kecerdasan yang berbeda. Hampir tiap manusia beranggapan bahwa mereka adalah orang yang tangkas. Padahal sejatinya sangat rumit untuk mendpat perhitungan yang cermat mengenai kepandaian seseorang.

Ketangkasan merupakan berkah terbaik yang dimiliki oleh seseorang, sehingga tak ayal banyak orang akan beranggapan bahwa diri mereka cerdas. Berikut lima perbedaan antara orang kurang pandai dengan orang pandai yang dilihat dari aspek kebiasaan yang diperbuat ketika menghadapi sebuah keadaan :

1. Orang bodoh umumnya selalu menuduh orang lain atas kesalahan mereka

Mereka yang pintar tidak akan bertindak hal seperti ini. Sebab hal ini tidak kompeten. Mereka yang kurang tangkas tidak siap ambil resiko atas kesalahan yang mereka perbuat. Mereka lebih memilih untuk bersembunyi, menyelamatkan diri sendiri atau langsung melempar kesalahan pada orang lain.

Sedangkan orang yang cerdas akan beranggapan bahwa tiap kesalahan adalah peluang besar untuk belajar melakukan sesuatu yang lebih baik lagi di lain waktu. Sebuah riset neurologis yang dilakukan oleh Jason S. Moser dari Michigan State University telah membuktikan bahwa otak orang cerdas benar-benar bereaksi secara berbeda terhadap sebuah kesalahan.

2. Orang bodoh merasa paling benar

Di kala terjadi kontradiksi, mereka yang tangkas akan lebih berempati kepada orang lain dan memaklumi pertimbangan mereka. orang yang cerdas akan berupaya untuk memperhitungkan kembali opini mereka.

Ketangkasan bisa dideskripsikan dengan kapabilitas seseorang dalam memikirkan dan memahami tiap hal dari perspektif yang berbeda, berpikiran terbuka terhadap berita baru serta mampu mengubah parameter. Sedangkan orang yang bodoh akan terus berargumen, tidak berniat untuk mengalah, dan memandang orang lain lebih rendah dari dirinya.

Berdasarkan studi yang dilakukan di Cornell University yang mengatakan bahwa orang yang tidak kompeten, tidak hanya membesar-besarkan kapabilitas mereka sendiri namun juga tidak mengidentifikasi keunggulan kompetensi orang lain.

3. Orang bodoh kerap melakukan tindakan agresif

Mereka yang kurang tangkas kerap menangani kontradiksi dengan cara agresif untuk mempertahankan kedudukan mereka kala berada dalam sebuah keadaan yang berada diluar ekspektasi mereka. Para peneliti dari University of Michigan juga menjumpai korelasi yang jelas antara tindakan agresif dengan kecilnya angka IQ.

4. Orang bodoh cenderung tak peduli dengan perasaan orang lain

Taraf ketangkasan yang tinggi akan membuat seseorang lebih mudah berbelas kasih dengan orang lain. Russel James dari Texas Tech University dalam risetnya menyatakan bahwa orang-orang dengan IQ yang tinggi akan cenderung untuk memberi kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan apapun.

5. Orang bodoh selalu beranggapan mereka lebih baik dari orang lain

Mereka yang tangkas akan selalu berupaya untuk menyuntikkan motivasi pada orang lain dan membantu mereka. Sementara mereka yang kurang pandai selalu percaya diri dan terlalu cepat mengomentari orang lain.

Sebuah studi yang dikeluarkan oleh Psychological Science di Kanada mengatakan, orang-orang dengan IQ rendah akan mendukung hukuman yang berat. Sementara itu banyak ahli biologi meyakini bahwa ketangkasan seseorang terletak pada kapabilitas mereka untuk bahu-membahu dengan orang lain.

Tags

Related Articles

Bisnis

2516 2516

March 20, 2015

K-Log Park Cibitung, Kompleks Logistik Terpadu Pertama di Indonesia

CIBITUNG – PT Kamadjaja Logistics, perusahaan logistik terbesar penyedia end-to-end solution untuk total supply chain di Indonesia, mulai 9 April mendatang akan meresmikan pengoperasian Kawasan K-Log Park di Cibitung, Jawa Barat. Kawasan K-Log Park Cibitung yang berdiri di atas lahan seluas 180.000 meter persegi adalah kompleks logistik terpadu dan terbesar di Indonesia, yang menyediakan solusi […]

Read More

Kesehatan

2516 2516

March 11, 2015

BPJS Bikin Dana APBD Sulsel Sisa, Menkes Senang

Jakarta Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Farid Moeloek senang mendengar pemaparan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang, yang menyebut adanya sisa dana APBD setelah dilakukannya pengalihan dari jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) ke BPJS. Menkes berharap, sisa dana itu tetap digunakan untuk pelayanan kesehatan, terutama pelayanan kesehatan primer. “Semoga apa yang Bapak ambil adalah tepat. […]

Read More

Olahraga

2516 2516

January 31, 2015

Australia Terbuka 2015: Maria Sharapova memiliki resume yang mengesankan untuk 27 tahun

MENURUT buku pegangan Asosiasi Tenis Wanita, Maria Sharapova adalah atlet wanita paling populer di dunia, dengan lebih dari 20 juta penggemar di platform media sosial. Dia adalah Ratu Midas olahraga, setelah memenangkan sekitar $33 juta prizemoney serta membangun bisnis yang sukses berupa bisnis mobil mewah, pakaian, parfum, tabir surya dan permen, dengan majalah Forbes mengklaim […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.