Tentunya setiap orang selalu ingin tampil menarik tanpa adanya masalah pada wajah, utamanya adalah penuaan dini. Tapinya kita juga harus menyadari bahwa penuaan tidak dapat dihindari oleh siapapun. Meski demikian, banyak orang, khususnya kaum hawa yang mengupayakan beragam cara agar wajahnya tetap cantik dan awet muda.

Meski penuaan tidak dapat kita hindari, tapinya proses penuaan bisa diperlambat sehingga wajah kita tetap terlihat cantik, tidak keriput, maupun kerutan. Tentunya, untuk mencapai keinginan tersebut, kita dianjurkan untuk melakukan perawatan secara rutin serta menerapkan pola hidup sehat.

Apabila membahas perihal penuaan dini, belakangan ini banyak orang yang mengalami masalah penuaan dini, seperti keriput, kerutan hitam, dan lain sebagainya, padahal usia mereka masih terbilang muda. Sejatinya, masalah penuaan dini dapat disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Bahkan, tanpa kita sadari banyak kebiasaan-kebiasaan yang mampu menyebabkan masalah penuaan dini. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang mampu mempercepat proses penuaan yang sangat penting untuk kita ketahui.

1. Berada di depan komputer

Bagi sebagian orang pekerja, duduk di depan komputer sudah menjadi sebuah kebiasaan yang mendarah daging. Memang, kita tidak dapat menghindarinya, tapi perlu kita ketahui bahwa kebiasaan berada di depan komputer berjam-jam setiap harinya akan menjadikan wajah kita timbul tanda-tanda penuaan.

Menatap layar komputer maupun gadget akan menjadikan mata kita mudah lelah, sehingga dapat memunculkan keriput di area mata kita. Untuk mencegah penuaan dini akibat rutinitas tersebut, sebaiknya selingi waktu anda untuk melakukan aktivitas lainnya seperti melihat dedaunan hijau maupun meregangkan tubuh dengan berjalan di area kantor ataupun rumah.

2. Kebiasaan begadang

Idealnya, setiap orang harus memiliki waktu tidur sebanyak 8 jam. Tapinya, karena banyaknya kesibukan dan beragam hal lainnya, banyak orang yang menyepelekan waktu untuk beristirahat. Tak hanya untuk bekerja saja, banyak orang tidur hingga larut malam demi melakukan kegiatan-kegiatan yang kurang penting, misalnya nonton, jalan-jalan, maupun nongkrong dengan teman-teman.

Yang perlu anda ketahui, begadang merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Untuk meluputkan hal tersebut, sebaiknya penuhilah waktu tidur yang optimal setiap harinya agar kulit tetap cantik dan awet muda.

3. Menonton TV terlalu lama

Kebiasaan menonton TV terlalu lama juga menjadi salah satu kebiasaan buruk yang mampu menyebabkan penuaan dini. Ketika berhadapan dengan TV dalam waktu yang lama, otot-otop mata akan lelah sehinga mempengaruhi munculnya keriput di area mata. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengurangi waktu menonton TV sehingga terhindara dari masalah penuaan dini.

4. Stress

Tak hanya miliki dampak buruk bagi kesehatan, stress yang berlebihan juga bisa menyebabkan penuaan dini. Seseorang yang mengalami kondisi ini, akan memiliki kulit yang keriput dan cepat tua, bahkan bisa tumbuh uban di rambutnya. Oleh karena itu, upayakan agar anda selalu berpikiran secara positif agar terhindar dari depresi yang nantinya berdampak pada munculnya masalah penuaan.

5. Penggunaan make up

Saat ini banyak wanita yang menggunakan make up secara berlebihan. Padahal kebiasaan tersebut tidaklah baik untuk kulit dan akan menyulutkan kulit anda menjadi keriput dan kering. Bahkan masalah pada kulit wajah akan semakin parah apabila kosmetik yang digunakan mengandung bahan kimia yang berbahaya. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya gunakan make up sewajarnya saja dan diimbangi dengan melakukan perawatan wajah menggunakan bahan-bahan alami.