sarapan pagi
83 / 100 SEO Score

sarapan pagi

Duakali.net – Banyak yang mengesampingkan sarapan atau bahkan melewatinya. Dengan berbagai macam alasan, banyak orang yang tak sadar jika sebenarnya sarapan juga sangat penting bagi tubuh kita agar kesehatan tetap terjaga dan selalu fokus.

Penting bagi kalian untuk mengetahui fakta apa yang benar dan tidak mengenai sarapan. Salah informasi bisa merugikan tubuh kita. Agar lebih tahu lagi, simak 5 fakta soal sarapan di bawah ini.

Sarapan bikin ngantuk

Anggapan ini jadi alasan yang paling sering kita dengar saat orang malas atau lebih memilih melewatkan makan pagi. Faktanya, makan pagi yang penuh karbohidrat malah akan membuatmu jauh lebih bertenaga. Selain karbohidrat, imbangi juga makan pagimu dengan asupan serat dan protein ya.

Hanya makan biskuit

Kebanyakan orang lebih memilih makan biskuit untuk menu makan paginya karena terhitung praktis. Sayangnya, meski praktis,  biskuit tak cukup punya kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi keperluan tubuh kita. Belum lagi kadar gula yang cukup tinggi dalam biskuit yang dapat membuatmu obesitas.

Makan dalam porsi besar

sarapan pagi

Tak sedikit yang beranggapan jika makan pagi harus dalam jumlah yang banyak agar memiliki banyak energi. Padahal makan pagi dengan jumlah kalori yang terlalu tinggi pun tidak baik untuk tubuh kita.

Dilansir dai American College of Sport Medicine, asupan kalori dalam tubuh minimal 1.200 kalori per hari untuk wanita dan 1.800 kalori untuk pria. Jadi, disarankan untuk kamu sarapan dengan kisaran 200-300 kal dan pastikan gizi yang masuk dalam tubuh sudah mencakup   protein, serat, vitamin serta mineral.

Baca Juga : Jangan Lakukan 7 Kesalahan Ini Saat Rias Pengantin

Minum air secukup tiap pagi hari

Terkadang kita terkecoh dengan rasa lapar, padahal ternyata tubuh kita hanya kekurangan cairan. Apalagi semalaman metabolisme tubuh tetap aktif sehingga tidak heran jika kita sering merasa haus di pagi hari. Jangan lupa minum segelas air setiap pagi.

Tidak sarapan sama sekali

Ketika bangun di pagi hari, kita sering merasa lapar. Adapun yang sengaja melewatkan nakan pagi karena terburu-buru ke kantor. Tapi, apakah Anda sering melewatkan sarapan, berisiko tinggi terkena serangan jantung daripada mereka yang rutin makan pagi?

Tidak hanya itu, tidak makan pagi juga akan meningkatkan risiko diabetes. Setidaknya jika Anda buru-buru, makan camilan sehat yang mengisi dan juga merupakan sumber karbohidrat, seperti gandum, oat, dan quinoa.