yandex
Gaya Hidup

5 Cara Mengedukasikan Anak Dalam Mengatur Keuangan

Sejatinya, memperkenalkan uang kepada anak-anak sedari dini sangatlah krusial untuk dilakukan. Tak hanya baik untuk menambah pengetahuannya, hal ini juga penting dilakukan untuk meluputkan sang anak untuk selalu meminta uang untuk kenginannya yang sebenarnya tidak terlalu genting.

Sangat krusial bagi anda untuk membekali edukasi kepada sang anak terkait bagamana cara mengatur keuangan yang baik dan benar. Dibawah ini adalah beragam tips mengajarkan anak untuk mengatur keuangan. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Mengajarkan tentang keinginan dan kebutuhan

Sedini mungkin, berilah mereka pembelajaran terkait pemilahan antara kebutuhan dan keinginanya. Hal ini sangat genting untuk dilakukan, karena hal ini kerap menjadi problematika yang besar, bukan hanya untuk anak-anak, hal ini juga berlaku bagi orang dewasa. Beragam kebutuhan yang biasanya dimiliki anak-anak seperti makanan dan kebutuhan sekolahnya. Sementara untuk keinginannya biasanya seperti mainan atau gadget.

Tak hanya itu, sangat penting juga bagi anda untuk mengajarkan kepada mereka betapa krusialnya memprioritaskan kebutuhan terlebih dulu daripada keinginan. Dalam hal ini, bukan berarti anda harus mengekang mereka untuk memenuhi keinginan mereka, namun bagaimana cara anda untuk memberikan pembelajaran untuk mendahulukan kebutuhan dulu, setelahnya mereka bisa menggunakan uang untuk memenuhi keinginan mereka.

2. Ingatkan tentang bahaya utang dan piutang

Di kalangan anak-anak, problematika terkait utang piutang nyatanya sudah jadi hal krusial yang harus diperhatikan. Tak kuasa dalam mengendalikan keinginan memiliki sebuah barang biasanya menjadikan sang anak berani meminjam uang kepada temannya hanya untuk mendapatkan barang yang diinginkanya.

Anda sebagai orang tua perlu memberikan penjelasan kepada mereka perihal bahayanya jika mereka berani berhutang. Berilah edukasi kepadanya bahwa utang merupakan sesuatu yang wajib dikembalikan, jika tidak akan menjadi dosa. Dengan memberikan penjelasan tersebut, maka sang anak akan merasa takut untuk berhutang.

3. Mengajarkan cara mengatur keuangan

Bagi anda yang punya anak di usia 5 sampai 10 tahun, pastinya anda akan membekali mereka uang jajan ketika pergi ke sekolah. Tapinya anda disarankan untuk tidak memberikannya uang dalam jumlah yang berlebihan, namun tetap berusaha untuk memenuhi apa yang menjadi keinginan mereka. Hal ini sangat krusial untuk meminimalisir pengeluaran mereka untuk membeli barang-barang maupun makanan yang tidak seharusnya mereka beli.

Tapinya bagi anak yang usianya di atas 10 tahun, cara terbaik untuk mengajarkan anak mengatur keuangan adalah memberinya bekal uang jajan per minggu. Hal ini sangat krusial anda lakukan agar sang anak bisa belajar cara memanfaatkan uang dengan baik serta mengontrol keuangan mereka selama 1 minggu.

4. Mengajarkan anak menabung

Dalam mengatur keuangan, menabung merupakan hal yang begitu krusial. Anak-anak diharuskan untuk memahami dan mengerti bagaimana cara dan manfaat yang diperoleh dari menyisihkan uangnya untuk ditabung. Anda bisa menanyakan kepada mereka apa saja yang akan mereka beli dalam waktu dekat ini, dan tanamkan kepadanya untuk menabung dari sisa uangnya.

5. Memperkenalkan anak kepada bank

Saat ini, perkembangan teknologi sudah semakin pesat dan sejumlah kalangan perbankan telah gencar menawarkan beragam produk yang mereka khususkan bagi anak-anak. Dalam hal ini, taka da salahnya anda memperkenalkan produk bank tersebut kepada anak. Berikanlah penjelasan terkait manfaat yang bisa diperolehnya jika menabung di bank tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button