Dalam menyempurnakan penampilan yang sempurna, bibir merupakan salah satu bagian wajah yang terkrusial untuk diperhatikan. Pasalnya, kondisi bibir sangat berpengaruh pada penampilan, utamanya bagi kaum hawa. Setiap wanita, tentunya menginginkan untuk memiliki bibir yang merah merona dan tidak keriput.

Membahas terkait kecantikan bibir, seiring bertambahnya usia seseorang, bibir juga akan mengalami yang namanya penuaan yang ditandai dengan munculnya keruput. Pada dasarnya, bibir keriput dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok atau bisa juga diakibatkan oleh penyakit tertentu.

Masalah keriput atau penuaan dini ini memang tidak dapat diluputkan dalam diri kita. Tapinya, hal tersebut bisa dicegah, sehinga menjadikan kulit pada bibir anda terlihat kencang dan awet muda. Dalam artikel kali ini, akan dibahas terkait cara alami untuk mencegah bibir keriput sehingga anda tetap tampil cantik dan mempesona disetiap penampilan. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Menggunakan pelembab bibir secara rutin

Untuk mencegah kulit keriput pada bibir, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pelembab bibir secara rutin. Sejatinya, bibir keriput dapat disebabkan oleh bibir yang mengering. Kondisi tersebut akan menjadikan kulit bibir anda mengelupas, sehingga berimbas pada mengeriputnya kulit bibir anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk menggunakan pelembab bibir secara teratur. Pasalnya, pelembab bibir mampu membantu menjaga kelembaban bibir anda, sehingga bibir kering atau mengeriput bisa dicegah.

2. Memperbanyak minum air putih

Agar terlluputkan dari bibir keriput, anda harus lebih banyak minum air putih. Pasalnya, kondisi bibir yang kering juga bisa diakibatkan oleh dehidrasi. Dengan mencukupi kebutuhan air yang diperlukan, maka menjadikan bibir anda akan tetap lembab dan mempesona. Tak hanya itu perbanyak minum air putih juga dapat membuat kulit wajah dan tubuh anda tetap sehat dan terjaga kelembabapannya.

3. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Bibir keriput juga dapat dicegah dengan mengasup sayuran dan buah-buahan secara rutin. Tak hanya kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi, buah dan sayuran juga miliki kandungan air yang sangat krusial untuk menjaga kelembaban bibir dan kulit anda. Untuk itu, mulai tingkatkan konsumsi sayuran dan buah setiap harinya agar bibir keriput dapat dicegah dengan baik.

4. Gunakan masker bibir alami

Cara mencegah keriput pada bibir yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker alami secara rutin. Tidak hanya mampu meluputkan masalah bibir kering, masker bibir alami juga sangat penting dilakukan untuk menutrisi kulit bibir anda sehingga tetap cantik dan merona setiap hari. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan madu, minyak kelapa, ataupun minyak zaitun. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskannya pada bibir anda setelah dibersihkan. Tunggu sampai 20 menitan, lalu bilas sampai bersih.

5. Menghindari gaya hidup yang tidak sehat

Agar terbebas dari bibir keriput, sangat penting bagi anda untuk menghindari gaya hidup atau kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat. Ada beragam kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan bibir anda, seperti merokok, mengasup minuman alkohol, minum kopi, mengkonsumsi minuman bersoda, terlalu lama berada di dalam ruangan ber-AC, dan sering terpapar sinar matahari yang terik.

Itulah 5 cara yang dapat dilakukan untuk mencegah bibir keriput yang tentunya sangat mengganggu penampilan anda setiap harinya. Bibir merupakan bagian pada wajah yang sangat mempengaruhi penampilan, sehingga anda harus menjaga kecantikannya agar penampilan anda tetap cantik dan mempesona.