Jerawat merupakan salah satu gangguan pada kulit yang paling lumrah dialami oleh sebagian besar orang. Meskipun bukan penyakit yang membahayakan, tapinya jerawat akan merusak penampilan serta menjadikan anda tidak pede. Oleh sebab itu, masalah jerawat tersebut sangat penting untuk segera diatasi.

Untuk mengatasi jerawat, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Tapinya, setelah jerawat hilang, maka akan muncul masalah baru yang juga harus segera diatasi, yakni bekas jerawat yang membandel. Sama halnya dengan jerawat, bekas jerawat ini juga mampu merusak penampilan seseorang yang tentunya sangat menjengkelkan.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang sudah terbukti kemujarabannya. Selain tidak menimbulkan efek samping, cara ini juga bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan juga murah. Nah, dibawah ini akan dibahas tentang cara alami mengatasi bekas jerawat yang perlu anda ketahui.

1. Lemon

Salah satu cara mengatasi bekas jerawat secara alami adalah dengan memanfaatkan lemon. Jenis buah yang bernama latin Citrus limon ini mengandung vitamin C yang tinggi untuk menutrisi kulit wajah. Terkandung pula asam yang sangat efektif untuk menyerap minyak serta mentahirkan luka pada kulit wajah akibat bekas jerawat. Selain itu, lemon juga memiliki khasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel pada wajah.

Dalam penggunaannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah lemon, kemudian gunakan perasan lemon untuk dibalutkan pada wajah anda secara menyeluruh. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

2. Madu

Bahan alami selanjutnya yang mampu meluputkan bekas jerawat adalah madu. Seperti yang telah kita ketahui, madu merupakan bahan alami yang miliki segudang manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Untuk kecantikan, bahan alami yang satu ini sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan bintik-bintik hitam akibat bekas jerawat. Caranya, anda hanya perlu membalutkan madu ke bagian kulit wajah anda, diamkan hingga 25 menit lalu bilas sampai bersih. lalukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Masker tomat

Tomat juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi bekas jerawat yang membandel pada wajah. Kandungan antioksidan, vitamin C, dan vitamin A yang dimiliki jenis buah yang satu ini sangat ampuh untuk meluputkan sel kulit yang mati dan meregenerasinya secara maksimal. Caranya, haluskan beberapa buah tomat, lalu balutkan pada bagian wajah anda secara menyeluruh. Diamkan sampai 20 menit, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

4. Mentimun

Untuk mengatasi bekas jerawat, anda juga bisa memanfaatkan mentimun. Jenis buah yang bernama latin Cucumis sativus ini kaya akan kandungan air dan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Dengan memanfaatkan mentimun, maka masalah flek hitam pun dapat teratasi dengan baik. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu menghaluskan mentimun lalu balutkan pada kulit wajah anda secara merata. Diamkan sampai 20 menit, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

5. Bengkoang

Bekas jerawat yang membandel pada kulit wajah juga dapat diluputkan dengan manfaat bengkoang. Jenis buah yang satu ini telah dipercaya sejak lama sebagai pencerah wajah alami yang mampu menutrisi kulit wajah. Hal ini lantas menjadikan banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstra buah bengkoang dalam proses pembuatannya.

Pasalnya, bengkoang sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit baru dan mengoptimalkan proses regenerasinya. Caranya, haluskan beberapa buah bengkoang, gunakan untuk membalutkannya pada bagian kulit wajah secara merata. Diamkan hingga 20 menit, lalu bilas menggunakan air sampai besih.