Sejatinya, sariawan akan muncul jika seseorang kurang mengasup vitamin C. Meskipun bukan gangguan penyakit yang serius, namun penderitanya akan sangat terganggu jika mengalaminya. Apalagi jika sariawan dialami saat sedang berpuasa. Nafsu makan pun jadi berkurang karena akan terasa perih saat mengkonsumsi makanan.

Guna mengatasi sariawan, ada beberapa cara alami dan sederhana yang bisa anda coba lho. Dengan mempraktekannya, dipastikan sariawan akan hilang dan anda bisa mengasup makanan tanpa harus merasakan kesakitan, berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Madu dan Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis bahan alami yang didalamnya terkandung zat antiradang dan anti bakteri yang tinggi. Penggunaanya sangat mudah yakni hanya dengan mengambil 1 batang kunyit kemudian balutkan pada sariawan. Bila perlu, anda bisa memberikan sedikit madu di potongan kunyit tersebut, kemudian oleskan pada bagian sariawannya.

2. Garam

Tak hanya bisa meringankan rasa sakit pada gigi yang berlubang, faktanya garam juga bisa mengatasi sariawan. Caranya mudah, ambilah air hangat di dalam gelas, campurkan dengan garam, kemudian kumur-kumur mulut anda dengan air tersebut. Perlu anda ketahui, garam berperan sebagai antiseptik, sehingga proses penyembuhan sariawan akan berlangsung lebih cepat.

3. Daun ketumbar

Untuk mengatasi sariawan, anda bisa memanfaatkan khasiat dari daun ketumbard. Caranya, ambil 5 lembar daun ketumbar dan rebuslah menggunakan segelas air. Setelah dingin, gunakan air tersebut untuk kumur-kumur sebanyak 4 kali dalam satu hari.

4. Lidah Buaya

Tak hanya sering dimanfaatkan sebagai nutrisi untuk rambut, lidah buaya juga dapat membantu anda untuk menyembuhkan sariawan. Ambilah bagian jelinya, kemudian balutkan pada sariawan anda. Lakukan hal ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Jus Tomat

Perlu anda ketahui, Tomat merupakan salah satu jenis buah yang didalamnya terkandungan vitamin C yang tinggi. Caranya, hanya hanya perlu meminum jus tomat tanpa mencampuri gula. Untuk mendapatkan kesembuhan yang cepat, minumlah sebanyak 2 kali dalam satu hari.