Seseorang yang dilanda sakit gigi biasanya tidak hanya akan mengeluhkan sakit pada giginya saja, melainkan sakit kepala, emosi meningkat, dan tidak bisa mengasup makanan dengan leluasa. Saat sedang mengalaminya, tentunya anda perlu segera mengatasinya sebelum semua derita itu menghinggapi anda berlarut-larut.

Sebaiknya, untuk mengatasi sakit gigi janganlah anda segera mengasup obat pereda sakit. Pasalnya, ada beberapa cara alami yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan sakit gigi tersebut. Dibawah ini adalah beberapa bahan alami yang bisa membantu anda mengatasi sakit gigi yang berlubang.

1. Cengkeh

Daripada mengasup obat pereda sakit, sebaiknya anda memanfaatkan minyak cengkeh untuk mengatasi sakit gigi. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengambil sebuah kapas kecil dan celupkan kapas tersebut ke dalam minyak cengkeh. Kemudian, gigit kapas tersebut pada gigi yang sakit. Diamkan sejenak, setelah sakitnya reda, anda bisa melepaskannya.

2. Garam dan lada

Untuk mentahirkan sakit gigi, anda bisa memanfaatkan cara sederhana, yakni mencampurkan garam dan lada ke dalam sebuah gelas yang sudah diisi dengan air hangat. Gunakan air tersebut untuk anda berkumur. Hingga rasa sakitnya berkurang, anda bisa melakukan cara ini berulang kali. Garam dan lada merupakan bumbu dapur yang bersifat anti inflamasi, anti bakteri dan analgesik yang mampu meredakan sakit pada gigi anda.

3. Garam

Selain dapat dijadikan larutan untuk berkumur, garam yang anda taburkan pada bagian gigi yang sakit juga ampuh untuk meredakan sakit gigi anda. Perlu kita ketahui, garam juga mampu menghalau terjadinya infeksi pada gigi anda.

4. Hindari meminum air dingin

Pastikan selama sakit gigi, anda tidak meminum air dingin. Saat berkumur maupun sikat gigi, anda dianjurkan untuk menggunakan air hangat. Pasalnya air dingin akan membuat rasa sakit pada gigi anda semakin parah.

5. Obat batuk cair

Tak hanya bermanfaat untuk mengatasi batuk, obat batuk cair juga mampu mentahirkan sakit gigi. Caranya, anda hanya perlu meneteskan obat batuk tersebut kedalam gigi anda yang sakit.