Tak dapat dipungkiri, penuaan merupakan sebuah proses dalam kehidupan yang tentunya dialami oleh setiap orang. Tapinya, hal ini menjadi suatu hal yang mengerikan bagi semua orang, utamanya bagi kaum hawa. Pasalnya, masalah ini akan menjadikan penampilannya tidak menarik lagi.

Sejatinya, memang penuaan tidak dapat diluputkan oleh semua orang, namun penuaan bisa ditunda dengan beragam perawatan. Dengan melakukan perawatan yang benar dan teratur, tentunya penuaan dini bisa ditunda sehingga menjadikan anda tetap awet muda.

Perlu kita ketahui, ada beragam jenis perawatan yang dapat dilakukan sebagai cara menunda penuaan dini. Tapinya untuk mendapatkan hasil yang optimal dan tidak memicu efek samping, anda dianjurkan untuk memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain tidak bermodalkan uang yang besar, pemanfaatan cara alami ini juga aman untuk kesehatan.

Bagi anda para ladies yang ingin melakukan perawatan secara alami guna meluputkan dan mencegah penuaan dini, dibawah ini adalah beberapa bahan alami yang dapat anda manfaatkan agar tetap awet muda dan tampil maksimal.

1. Madu

Tak dapat dipungkiri lagi, madu merupakan bahan alami yang miliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Selain kerap dimanfaatkan untuk obat, madu juga dapat difungsikan sebagai masker wajah yang ampuh meluputkan serta menunda penuaan.

Dalam penggunaannya, caranya pun sangatlah mudah dan sederhana. Sebelum menggunakannya, bersihkan lebih dulu kulit wajah anda, lalu balutkan pada wajah secara menyeluruh. Diamkan hingga 20 menit, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

2. Putih telur

Selain madu, anda juga bisa memanfaatkan putih telur untuk menunda timbulnya tanda-tana penuaan secara dini. Meskipun sedikit lebih amis, tapinya khasiat yang dimiliki untuk mempercantik wajah sudah tak perlu diragukan lagi. Tak hanya mampu mencerahkan kulit, putih telur juga ampuh memperkencang serta membuat wajah awet muda.

Caranya pun sangat mudah, pisahkan terlebih dulu bagian kuning serta putih telurnya, lalu balutkan bagian putihnya pada bagian wajah anda sampai ke leher. Diamkan sampai 20 menit, lalu bilaslah menggunakan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukannya satu minggu sekali.

3. Pisang

Salah satu jenis buah yang juga punya segudang khasiat untuk kecantikan adalah pisang. Manfaatkan jenis buah yang satu ini sebagai masker wajah untuk meluputkan beragam masalah pada wajah, seperti jerawat, komedo, dan khususnya penuaan dini. Anda hanya perlu menghaluskan buah ini dengan, lalu balutkanlah pada bagian wajah dan leher anda secara merata, lalu diamkan sampai 15 menit dan bilaslah hingga bersih.

4. Mentimun

Bahan alami selanjutnya yang dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah untuk meluputkan tanda-tanda penuaan dini ialah mentimun. Perlu anda ketahui, mentimun merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan airnya. Dengan kandungan tersebut, maka mentimun mampu menjadikan kulit lebih lembab.

Apabila kulit wajah sudah terjaga kelembabannya, maka beragam masalah yang memicu penuaan, seperti keriput dan kulit halus dapat dilenyapkan. Caranya pun sangatlah mudah, haluskan 1 atau 2 buah timun, lalu balutkan secara menyeluruh pada bagian permukaan kulit wajah anda. Diamkan sampai mengering, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

5. Minyak Almond

Penuaan dini juga dapat ditunda dengan memanfaatkan minyak almond. Perlu kita ketahui, jenis minyak yang satu ini kaya akan kandungan vitamin E yang ampuh membuat kulit menjadi lembab. Dengan menggunakan minyak almond, maka beragam masalah penuaan dini dapat terluputkan. Berkat hal itu, kulit wajah anda terlihat cantik dan tetap awet muda.