Ketika lapisan sel kulit wajah mati, maka akan terjadi pengelupasan dan membuat kulit wajah menjadi menghitam. Tentunya kondisi ini sangat mengganggu dan menjadikan anda tidak nyaman dalam b setiap harinya. Tak hanya menjadikan kulit terlihat lebih gelap, sel kulit yang mati juga akan membuat kulit anda menjadi kasar. Oleh karena itu, kondisi tersebut harus segera diatas untuk kembali menjadikan kulit tampak cerah dan halus.

Pada dasarnya, timbulnya sel kulit mati diakibatkan oleh adanya regenerasi sel kulit, sehingga hal ini sangat lumrah dialami oleh setiap orang. Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk meluputkan masalah pada tersebut, karena apabila jika tidak segera diatasi, maka akan muncul beragam masalah kulit lainnya, seperti jerawat, komedo, keriput, dan masih banyak lagi.

Untuk meluputkan kulit mati pada wajah, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih aman dalam penggunaannya karena tidak akan menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah 5 bahan alami yang sudah terbukti keampuhannya untuk menghilangkan sel kulit mati.

1. Jeruk nipis

Salah satu bahan alami yang berperan sebagai cara menghilangkan sel kulit mati yang telah terbukti kemujarabannya adalah jeruk nipis. Anda bisa menggunakan jenis bahan alami yang satu ini, utamanya bagi anda yang usianya diatas 40 tahun. Dalam pemakaiannya, anda hanya perlu mengiriskan satu buah jeruk nipis, kemudian balutkan ke seluruh bagian wajah anda. Diamkan sampai mengering, lalu bilaslah menggunakan air hangat sehingga pori-pori kulitnya terbuka. Setelah itu, bilaslah kembali menggunakan air dingin untuk merapatkan kembali pori-pori.

2. Kopi

Kopi dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan kandungan kafeinnya. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat saat dibuat sebagai minuman, faktanya kopi juga berkhasiat untuk meluputkan sel kulit mati pada wajah. Kandungan kafein yang dimilikinya juga mampu mengatasi mata bengkak.
Caranya pun sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan kopi bubuk atau bubuk kopi yang telah dijadikan sebagai minuman. Campurkanlah dengan minyak essensial sedikit saja. Lalu gosok-gosokan pada bagian kulit wajah anda secara merata. Diamkan hingga 20 menit dan bilas sampai bersih. Cara ini diyakini mampu melembutkan dan menghaluskan wajah anda.

3. Gula

Cara mengangkat sel kulit mati dengan bahan alami lainnya adalah gula pasir. Perlu anda ketahui, selain mampu meluputkan masalah sel kulit mati, gula pasir juga mampu menjadikan kulit anda begitu bercahaya dan berkilau. Anda hanya perlu mencairkan gula pasir dan mencampurkannya dengan gel lidah buaya serta madu. Setelah tercampur dengan rata, balutkan ke seluruh permukaan wajah anda secara merata, kemudian pijatkan wajah anda secara perlahan. Diamkan hingga 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.

4. Garam laut

Sudah sejak lama, garam laut dipercaya mampu meluputkan sel kulit mati pada wajah secara sempurna. Tidak hanya itu, garam laut juga ampuh untuk membersihkan kulit di bagian tubuh lainnya yang kasar, seperti pada lengan, kaki, maupun siku. Dengan memanfaatkan bahan alami yang satu ini, maka akan terjadi peningkatan sirkulasi pada kulit, menghaluskannya, dan meregenerasi kulit yang mati.

Dalam penggunaannya sangatlah mudah, anda hanya perlu mencampurkan garam laut dengan campuran minyak esensial dan membalutkannya pada wajah secara merata. Selain itu, anda juga bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun.

5. Kacang Almond

Beragam kandungan yang dimiliki dalam kacang almond sangat krusial untuk meluputkan sel kulit mati pada wajah serta menghaluskannya. Dalam penggunaannya, anda hanya perlu menghaluskan segenggam kacang almon, lalu campurkan dengan sedikit air. Balutkan pada wajah secara menyeluruh, lalu pijatkan secara perlahan. Diamkan sampai 5 menit, lalu bilaslah menggunakan air dingin.