Cara mengobati sariawan dengan cara alami sangatlah mudah. Dengan cara dan obat sariawan yang sederhana, maka penyakit ini dapat teratasi dengan cepat, salah satunya dengan banyak mengasup beragam jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Tapi tahukah anda bahwa sariawan dapat disebabkan oleh beragam faktor seperti kurang mengasup vitamin vitamin B12, vitamin C, zat besi dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kandungan asamnya tinggi. Tak hanya itu, sariawan juga dapat dipicu dari masalah sistem pencernaan di dalam tubuh.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi sariawan secara alami yang tentunya akan menjadi pertolongan pertama anda apabila tidak ingin mengasup obat yang berbahan kimia. Untuk itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui bahan alami apa saja yang dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan alami, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Daun sirih

Selain kerap dimanfaatkan untuk mengobati diabetes dan hipertensi, faktanya mengasup minuman daun sirih juga dapat mengatasi sariawan. Beragam kandungan yang dimiliki daun sirih berperan sebagai antiseptik sehingga memampukan daun ini untuk mengobati sariawan. Caranya pun sangat mudah, anda perlu menyiapkan beberapa helai daun sirih, kemudian cuci sampai bersih dan rebus daun dengan air secukupnya.

Saring air rebusan tersebut dan tambahkan sedikit garam. Gunakan larutan daun sirih ini untuk berkumur usai anda menyikat gigi. Walaupun terasa lebih perih, anda perlu melakukan hal ini satu hari dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tak hanya bermanfaat untuk mengatasi sariawan, larutan daun sirih ini juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut.

2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang punya khasiat untuk mengatasi sariawan. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa ruas kunyit dan memarutnya sampai halus. Kemudian campurkan satu sendok gliserin agar mempercepat proses pemulihan sariawan. Setelah tercampur dengan merata, balutkan area mulut yang terkena sariawan. Senyawa antiseptik yang terkandung di dalam kunyit inilah yang menjadikan sariawan anda cepat sembuh.

3. Madu

Telah kita ketahui bersama, madu merupakan bahan alami yang punya sejuta manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya ampuh untuk mentahirkan berbagai jenis penyakit, madu juga berkhasiat untuk mengatasi sariawan. Anda hanya perlu mengoleskannya pada bagian bibir yang sariawan dan meminumnya sebanyak dua sendok selama tiga kali setiap harinya untuk mendapatkan kesembuhan yang cepat.

bahan-alami-untuk-mengatasi-sariawan

4. Kelapa

Salah satu cara mengatasi sariawan secara alami adalah dengan memanfaatkan khasiat dari buah kelapa. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan sari minyak kelapa, hanya dengan membalutkannya pada bagian bibir yang terkena luka. Tidak hanya itu, anda juga bisa mengunyah kelapa kering yang berkhasiat untuk meminimalisir peradangan yang berdampak pada rasa nyeri yang sakitnya luar biasa.

5. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang kaya akan kandungan antiseptiknya, sehingga ampuh untuk meluputkan beragam jenis bakteri di dalam tubuh. Salah satunya adalah bakteri yang memicu peradangan di dalam tubuh dan berujung pada sariawan. Oleh karena itu, memanfaatkan bawang putih untuk mengatasi sariawan sangat mempercepat proses penyembuhannya.

Cara dan penggunaannya sangat mudah, irislah dua hingga 3 siung bawang putih, kemudian oleskan pada daerah sariawan sampai dua menit. Kemudian bilas menggunakan air panas. Memang, cara ini akan membuat sariawan anda sangat perih, namun bawang putih diyakini sangat ampuh untuk mentahirkan sariawan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah cara ini sampai sariawan anda benar-benar sembuh.