yandex
Kesehatan

5 Akibat Duduk Terlalu Lama Tuk Kesehatan Anda

Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang yang setiap harinya duduk melebihi 6 jam akan lebih berpotensi untuk mengidap penyakit jantung yang besarnya 64%. Tak hanya itu, duduk berjam-jam juga akan menjadikan badan anda menjadi pegal, nyeri pada leher, nyeri punggung, bahkan bisa meningkatkan beragat badan seseorang.

Tanpa kita sadari, kebiasaan duduk terlalu lama jika tidak diubah dan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang akan membahayakan serta meneror kesehatan tubuh anda. Pasalnya, saat anda duduk berjam-jam, maka enzim pembakar lemak pada otot akan berhenti bekerja. Hal inilah yang akan menyebabkan kadar kolesterol di dalam tubuh semakin melambung sehingga resiko untuk terjangkit penyakit jantung pun semakin besar.

Agar terluput dari masalah kesehatan tersebut, upayakan untuk mengurangi durasi duduk. Waktu duduk yang ideal adalah 6 jam setiap harinya. Selain akan mengakibatkan penyakit jantung, kebiasaan ini juga akan menyebabkan sejumlah resiko lainnya, seperti yang diulas dibawah ini.

1. Menyebabkan Kolesterol dan Obesitas

Resiko duduk terlalu lama yang bisa dialami seseorang ialah melonjaknya kadar kolesterol dalam tubuh dan memicu obesitas. Duduk berjam-jam setiap harinya akan membuat pergerakan tubuh anda berkurang, hal inilah yang berpengaruh terhadap kegemukan dan penyakit kolesterol. Saat anda duduk terlalu lama, maka proses metabolisme yang berlangsung di dalam tubuh tidak akan bekerja dengan baik, sehingga pembakaran lemak pun menjadi tidak maksimal.

Proses metabolisme yang tidak bekerja secara maksimal di dalam tubuh akan mengakibatnya penimbunan lemak pada tubuh, dan berakhir pada obesitas. Tak hanya itu, penumpukan lemak tersebut juga akan berimbas pada meningkatnya kadar kolesterol dan mengancam kecehatan tubuh kita.

2. Otot menjadi kaku dan pegal

Bagi para pekerja kantoran yang setiap harinya dituntut untuk berada di depan komputer dalam waktu yang lama, tentu akan merasa keletihan. Tidak hanya itu, kebiasaan tersebut juga mampu menimbulkan rasa kaku dan pegal pada otot-otot tubuh kita. Hal tersebut disebabkan oleh otot tubuh yang tidak mengalami pergerakan serta hanya berada dalam posisi statis saja. Jika kondisi ini terus dibiarkan dan tidak dapat dicegah, besar kemungkinan otot tubuh anda tidak hanya kaku saat sedang duduk saja, melainkan saat melakukan beragam aktivitas lainnya.

3. Mengakibatkan keletihan yang berlebihan

Akibat duduk terlalu lama yang dapat mendera seseorang ialah keletihan secara berlebihan. Kondisi tubuh yang seperti ini terjadi akibat tubuh yang sama sekali tidak bergerak dan pergerakannya terjadi secara monoton, sehingga menjadikan tubuh terasa lebih capek dan lelah saat anda harus duduk terlalu lama.

4. Kanker

Resiko duduk terlalu lama yang juga dapat dialami seseorang ialah penyakit kanker. Hal ini dapat terjadi karena posisi tubuh yang pergerakannya terjadi secara monoton dan bersifat statis selama beberapa jam bisa menyebabkan terjadinya pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Sejatinya, kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat membahayakan tubuh karena bisa mengakibatkan kematian.

5. Diabetes

Resiko duduk terlalu lama juga dapat memicu gejala penyakit diabetes yang tentunya sangat meneror dan membahayakan kesehatan tubuh kita. Gejala diabetes ini sangat berkorelasi erat dengan obesitas dan kolesterol yang tinggi. Jika anda duduk dalam waktu lama tanpa memberikan variasi kegiatan lainnya, maka akan semakin besar potensi anda mengalami ancaman diabetes karena resiko dari duduk terlalu lama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button