Sebagai manusia, tampaknya perasaan “cemas” enggak bisa dipungkiri. Ketidakpastian pekerjaan, keuangan, kesehatan, hingga urusan cinta, bisa membuat kita sering dilanda rasa cemas.

Kerapkali, kecemasan itu mempengaruhi pikiran kita sehingga mendampakkan gangguan fisik. Rasa takut mati misalnya, bisa membuat kita jadi takut keluar rumah atau panik jika membaca berita-berita kriminal. Kualitas hidup pun menurun.

Ada banyak metode yang bisa kita jalani untuk “meredakan atau malahan” membuang kecemasan di kondisi berat. Berikut adalah 5 kiat untuk mengusir rasa cemas dengan instan. Beberapa tips ini mungkin terlihat sederhana, tapi penelitian menunjukkan cara ini memberikan hasil efektif.

1. Tarik napas

Disaat sedang cemas, tapinya denyut jantung kita jadi kencang, napas menjadi cepat dan tubuh menjadi tegang. Napas yang cepat dan dangkal, bisa mengurangi oksigen ke otak, sehingga kemampuan kita berpikir jernih menurun.

Bilamana Anda mengalami kecemasan, tarik napas panjang dan dalam. Lakukan berkali-kali sampai kita merasa nyaman kembali. Jikalau nantinya Anda sedang berada di dalam ruangan, bukalah jendela atau keluar untuk menghirup udara segar.

2. Gerakkan tubuh

Disaat mengalami “tekanan” pada tubuh, berdirilah dan lakukan pergerakan kecil, contohnya menggerakan lengan dan kaki, untuk melepaskan energi cemas. Tapinya dengan mengambil napas dalam.

3. Percikkan air ke wajah

Basahi wajah atau hanya memercik air dingin ke wajah, tuk memberikan rasa rileks dan detak jantung melambat. Jikalau nantinya Anda sedang memakai make up, percikkan bagian leher.

4. Hindari gula dan kafein

Ketika keseharian Anda dipenuhi rasa cemas, jauhi makanan dan minuman yang mengandung gula atau kafein. Studi mengunjukkan, kedua jenis zat itu justru meningkatkan level stres.

5. Minum teh chamomile

Teh chamomile diketahui punyai dampak merilekskan dengan cepat.