Major League Soccer – Kesebelasan-kesebelasan liga Amerika Serikat, atau yang lebih dikenal dengan nama Major League Soccer (MLS) masih meneruskan tren meminang pemain-pemain top dari liga-liga di Eropa. Setelah masa David Beckham, Steven Gerrard, dan Frank Lampard berakhir, kemudian didaratkannya pemain-pemain lainnya seperti David Villa dan Sebastian Giovinco

Akhir-akhir ini, nama striker Manchester United, Wayne Rooney pun ikut masuk dalam radar. Klub baru MLS, Los Angeles FC, yang berniat meminangnya. LA FC sendiri baru akan turut berlaga di MLS mulai 2018. Namun, bidikan klub MLS tak hanya dari Liga Inggris. Dari Serie A pun cukup banyak. Kualitas pemain yang dimiliki sejumlah kesebelasan Serie A membuat mereka akhir-akhir ini rajin mengawasinya. Berikut 4 pemain Serie A yang masuk kedalam radar MLS :

1. Daniele De Rossi


Faktor usia dan tak lagi jadi pilihan utama skuatnya merupakan alasan utama kesebelasan di MLS berani menawar pemain dari liga-liga Eropa. Hal itu pun berlaku pada playmaker AS Roma, Daniele De Rossi. Pemain berusia 33 tahun itu dibidik New York City, dan Andrea Pirlo turut merayunya agar mau bermain di Amerika.

Pemain jebolan AS Roma yang sudah memperkuat Serigala ibukota sejak 17 tahun itu memang lebih sering menghangatkan bangku cadangan saat ini. Namun, performanya belum bisa dibilang kalah dari pemain-pemain yang lebih muda. De Rossi belakangan mengutarakan ingin bertahan di Giallorossi. Bahkan ia rela menurunkan upahnya hingga lebih dari setengah jumlah, dari 6,5 juta euro (Rp 93 miliar) menjadi 3 juta euro per musim termasuk bonus.

2. Keisuke Honda


Kabar terhangat dari Serie A terkait pemain yang menjadi bidikan kesebelasan MLS hadir dari AC Milan. Pemain sayap mereka, Keisuke Honda dirumorkan bakal segera angkat koper ke Seattle Sounders dalam beberapa hari ke depan.

Tapi, isu tersebut segera ditepis oleh CEO Milan, Adriano Galliani. Galliani mengungkapkan bahwa Honda akan terus menetap di San Siro sampai akhir musim. Akan tetapi, kans Honda ke MLS musim depan sangat terbuka mengingat kontraknya yang disinyalir segera selesai Juni mendatang. Honda mulai tidak mendapatkan tempat di dalam skuat I Rossoneri karena tidak dimasukkan dalam program sang juru taktik, Vincenzo Montella. Ia hanya diturunkan sekali musim ini.

3. Blerim Dzemaili


Blerim Dzemaili, pemain yang berusia 30 tahun, kemungkinan besar akan pindah ke MLS pada Juli mendatang, disusul berakhirnya kontraknya dengan Bologna. Kesebelasan destinasinya adalah Montreal Impact. Hal itu bahkan sudah dijelaskan oleh Presiden Bologna, Joey Saputo, sejak tahun 2016 lalu. Ia berkata ia tidak akan menyembunyikan rumor itu. Kontrak Dzemaili akan selesai musim depan dan setelahnya akan merumput bersama Montreal.

Playmaker timnas Swiss ini sudah cukup lama merumput di Serie A. Ia sempat membela Napoli, Genoa, Parma, dan Torino. Musim ini ia berseragam Bologna, dan masih menjadi jagoan tim. Ia telah berlaga sebanyak 26 kali dan mengemas 7 gol serta satu assist.

4. Sami Khedira


Sami Khedira merupakan target sejumlah kesebelasan di MLS sejak tahun lalu. Bahkan, playmaker andalan Juventus itu dibidik oleh tiga kesebelasan sekaligus, yakni LA Galaxy, New York City FC, dan New York Red Bulls. Khusus LA Galaxy, mereka sangat memerlukan pemain berpengalaman untuk memperkokoh skuat mereka. Apalagi, dua punggawa mereka sebelumnya, Robbie Keane dan Steven Gerrard, sudah tak lagi berada dalam skuat.

New York City pun tak ingin ketinggalan. Mereka ingin menduetkan Khedira dengan Pirlo di sektor tengah. Tapi, Khedira sepertinya belum punya pikiran untuk angkat koper dari Turin untuk saat ini. Apalagi ia masih dipercaya sebagai pilar utama La Vecchia Signora.