Selama bulan puasa, waktu mengasup makan yang sedikit kerap menjadikan seseorang kurang asupan makanan dan minuman. Untuk mengakali supaya kebutuhan gizi terpenuhi setiap harinya, sebaiknya anda ngemil di waktu malam.

Anda bisa melakukan hal ini 1 jam sebelum tidur. Tapi ingat, cemilan yang anda asup haruslah yang sehat serta dapat memberikan nutrisi lebih untuk tubuh anda. Dibawah ini adalah beberapa tips ngemil di malam hari ketika bulan puasa yang bisa anda coba.

1. Hindari cemilan yang digoreng dengan minyak goring sawit

Ada baiknya, anda jangan mengasup cemilan yang proses penggorengannya menggunakan monyak goreng sawit. Ada baiknya, pilihlah minyak kelapa yang lebih baik untuk kesehatan. Pasalnya, kandungan lemak yang terdapat di terkandung di dalam minyak kelapa adalah lemak jenuh yang tak terlalu membahayakan kesehatan anda.

2. Hindari makanan manis dan minuman berkafein

Mengasup makanan manis dan minuman berkafein seperti teh dan kopi sangat tidak dianjurkan untuk anda. Tak hanya itu, hindari juga makanan yang diawetkan seperti nugget, chiki, sosis,dan lain sebagainya. Lebih baik, anda memilih cemilan seperti kacang-kacangan dan buah-buahan yang sangat baik untuk meningkatkan energi anda di bulan puasa.

3. Ngemil dengan porsi sedikit tapi sering

Sebaiknya, mengasup cemilan di malam hari dalam porsi yang sedikit demi sedikit tetapi sering. Misalnya, anda ngemil kacang-kacangan dengan jumlah yang sedikit tapi konsumsinya 2 sampai 3 kali. Pola mengasup makanan yang seperti itu akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan porsi yang besar.

4. Makan secara perlahan

Mengasup cemilan sebaiknya dilakukan secara perlahan. Kunyahlah makanan tersebut dengan baik, sehingga berpadu dengan enzim di dalam mulut. Ada baiknyanya lagi, anda mengunyah makanan tersebut sampai lembut sehingga proses cerna di dalam tubuh akan berjalan dengan sempurna. Dengan begitu, nutrisi dari makanan tersebut akan diserap baik oleh usus.