Ketika flu mendera seseorang, pastinya hal tersebut akan sangat mengganggu. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk memahami apa saja obat flu alami yang terbukti kemujarabannya untuk mengatasi penyakit flu. Sejatinya, jenis penyakit yang satu ini disebabkan oleh virus yang disebut dengan virus influenza.

Seperti yang telah kita ketahui, penyakit flu sifatnya menular serta mengecam sistem pernapasan sehingga menyebabkan beberapa gejala seperti pilek dan juga batuk, bahkan terkadang muncul panas dingin atau meriang. Tidak hanya itu saja, seseorang yang terinfeksi penyakit ini juga biasanya akan mengalami demam, nyeri pada otot, dan sakit kepala.

Penyakit flu, pada dasarnya disebabkan oleh beragam faktor, lumrahnya adalah menurunnya sistem imunitas di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, faktor cuaca serta kurangnya menjaga kebersihan lingkungan juga turut andil sebagai pemicu flu.

Tanpa kita sadari, sebenarnya penyakit flu bisa teratasi dengan sendirinya tanpa harus mengasup obat-obatan. Yang terpenting, sistem imun di dalam tubuh seseorang harus ditingkatkan. Bisa juga anda menggunakan bahan-bahan alami yang diklaim sebagai cara mengobati flu.

Pada prinsipnya, obat flu alami ini dapat digolongkan sebagai makanan atau minuman yang mampu mendongkrak imunitas tubuh agar mampu melenyapkan virus influenza yang mengancam tubuh. Berikut ini ialah beragam cara meluputkan penyakit flu dengan bahan-bahan alami.

1. Minuman Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu jenis bahan alami yang miliki sejuta manfaar untuk kesehatan. Dalam hal ini, jahe dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan alami untuk meluputkan penyakit flu. Di dalamnya, jahe mengandung senyawa yang mampu mendongkrak imunitas di dalam tubuh dan juga berperan sebagai antivirus alami. Jahe juga miliki rasa yang hangat dan pedas, sehingga sangat berperan penting untuk melegakan tenggorokan serta mengatasi batuk.

Dalam penyajiannya pun sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa potong jahe yang telah dibersihkan. Kemudian di tumbuk dan dicampurkan dalam air yang hangat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tambahkan madu, aduk hingga merata lalu minum dalam kondisi masih hangat.

2. Bawang Putih

Selain dikenal sebagai bumbu dapur yang mampu melezatkan aneka masakan, bawang putih juga dikenal sebagai salah satu cara menyembuhkan pilek secara alami. Kandungan zat antibiotik yang dimiliki dalam obat flu alami yang satu ini terbukti sangat ampuh untuk melenyapkan penyakit ini. Tak hanya itu saja, bawang putih pun mempunyai manfaat untuk melancarkan peredaran darah, sehingga sel-sel di dalam tubuh memiliki kekuatan yang lebih ekstra untuk mencegah serangan virus influenza. Anda bisa mengasup bawang putih dalam keadaan mentah atau dijadikan sebagai lalapan.

bawang-putih-untuk-flu

3. Kunyit

Obat flu alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk meluputkan flu adalah kunyit. Perlu kita ketahui, kunyit miliki beragam manfaat untuk tubuh, seperti memperlancar peradaran darah, mendongkrak imunitas tubuh, serta mengoptimalkan kerja hati untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.

Dengan fungsi tersebut, maka seseorang yang mengasup ramuan kunyit ketika sedang flu akan cepat sembuh. Anda hanya perlu menyiapkan 2 potong kunyit, parut dan peras untuk mengambil airnya. Campurkan air perasan tersebut dengan air hangat secukupnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin.

4. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C

Ketika flu sedang melanda, sagat penting bagi anda untuk mengasup makanan yang didalamnya kaya akan kandungan vitamin C. Obat flu alami yang satu ini sangat krusial untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Asupan vitamin C bisa anda dapatkan dari beragam jenis buah-buahan seperti tomat, stroberi, pepaya, jeruk, buah kiwi, jambu biji, mangga, dan masih banyak lagi.