Menjaga dan merawat kulit wajah tak hanya harus dilakukan oleh kaum wanita saja, tapinya juga dikalangan pria. Sama halnya dengan wanita, untuk menjamin kesehatan kulit wajah dan kecerahannya, diperlukan beragam perawatan yang vital untuk wajah.

Meski demikian, perawatan wajah pada pria tidak seribet apa yang dilakukan oleh kaum wanita. Bahkan, kita juga jarang menjumpai produk perawatan wajah yang dikhususkan bagi para pria. Tapinya anda tidak perlu mencemaskannya, karena ada bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan perawatan kulit wajah anda. Beragam jenis bahan alami tersebut bisa anda manfaatkan sebagai masker wajah yang lebih terjamin kualitasnya. Dibawah ini adalah beberapa masker alami untuk wajah pria yang perlu anda ketahui.

1. Masker bengkoang

Masker untuk wajah yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan perawatan kulit wajah ialah bengkoang. Tak hanya krusial untuk mencerahkan kulit, masker bengkoang merupakan salah satu jenis buah yang ampuh memperputih kulit, sehingga tak heran jika bengkoang sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan produk-produk kecantikan. Selain wanita, kaum pria pun bisa memanfaatkan masker bengkoang untuk merawat kulit wajah.

Dalam penggunaannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu memarut bengkoang sampai halus, lalu peras airnya dan diamkan selama 1 jam lamanya sampai mengendap. Setelah itu, gunakanlah endapan tersebut sebagai masker wajah, yakni dengan membalutkannya pada wajah secara menyeluruh. Diamkan sampai 15 menit, kemudian bilaslah menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan perawaran ini minimal 1-2 kali.

2. Masker madu

Masker alami yang juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan perawatan kulit wajah pria ialah madu. Madu memang sangat popular dan dikenal sebagai masker wajah yang mempan untuk mempercantik kulit. Tak hanya mampu mencerahkan kulit, bahan alami yang satu ini juga mampu memberantas penuaan pada wajah, melembabkan kulit, dan melenyapkan beragam masalah kulit lainnya seperti komedo, jerawat, kulit kering, dan lain sebagainya.

Selain wanita, pria pun dapat memanfaatkannya sebagai masker alami untuk wajah. Caranya sangatlah mudah, anda hanya perlu membalutkan madu murni secara menyeluruh pada bagian kulit wajah, kemudian diamkan hingga 20 menit. Basuh wajah menggunakan air sampai bersih. Anda pun dapat melakukan perawatan ini satu minggu sekali agar terluput dari beragam masalah kulit wajah lainnya.

3. Masker Kentang

Masker alami yang juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah adalah kentang. Tak hanya dapat digunakan untuk meluputkan beragam masalah kulit, nyatanya kentang juga sangat aman digunakan bagi kulit wajah yang sensitif. Di dalamnya, kentang memiliki kandungan asam fosfat serta asam sitrat yang tinggi sehingga mampu meminimalisir peradangan serta iritasi pada kulit. Tak heran jika banyak wanita yang memanfaatkan jenis umbi-umbian yang satu ini untuk melakukan perawatan kulit wajah.

4. Masker Lemon

Masker alami terakhir yang bisa dimanfaatkan para pria untuk melakukan perawatan wajah ialah lemon. Lemon merupakan salah satu jenis buah yang mampu membersihkan kulit wajah serta meluputkan beragam masalah kulit pada wajah, seperti komedo, jerawat, kulit kusam, dan masih banyak lagi.

Jenis bahan alami yang satu ini tinggi akan kandungan vitamin C yang mampu melindungi kulit dari ancaman radikal bebas yang membahayakan. Meski sedikit memberikan sensasi perih, tapinya keampuhan yang dimiliki sangatlah terbukti. Caranya sangatlah mudah, peras lemon dalam sebuah wadah. Kemudian balutkan air perasan lemon tersebut pada bagian wajah secara merata. Diamkan sekitar 15 menit sampai mengering, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.