Layaknya menjalani masa kehamilan, makanan sehat yang diasup ibu menyusui juga harus diperhatikan. ASI merupakan sumber makanan buah hati yang baru lahir, setidaknya hingga 6 bulan ke depan. Untuk itu, agar dapat memproduksi ASI yang berkualitas, sang ibu perlu melakukan diet ketat untuk memberikan nutrisi yang baik kepada buah hati melalui ASI yang diberikan.

Diet ketat ini tak hanya untuk meningkatkan kualitas ASI saja, melainkan juga mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Mengasup makanan sehat selama menyusui juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh ibu agar dapat merawat bayinya dengan tubuh yang prima dan sehat. Dibawah ini merupakan makanan sehat yang perlu diasup oleh ibu menyusui.

1. Ikan Salmon

Salah satu makanan sehat yang krusial untuk diasup setiap ibu menyusui adalah ikan salmon. Pasalnya, jenis ikan yang satu ini mengandung omega 3 yang tinggi dan kolesterol yang rendah sehingga sangat berperan baik untuk perkembangan otak buah hati. Tak hanya itu, ikan salmon juga kaya akan kandungan DHA yang berkhasiat untuk perkembangan sistem syaraf sang bayi.

2. Susu rendah lemak

Demi menguatkan struktur tulang dan gigi sang buah hati, setiap ibu menyusi sangat penting untuk mengasup minuman susu yang rendah lemak. Susu merupakan salah satu produk hewani yang didalamnya terkandung protein, vitamin D, vitamin B, serta kalsium yang tinggi, yang semuanya sangat diperlukan oleh bayi. Selain produk susu, anda juga bisa mengasup yoghurt dan susu kedelai dalam jumlah yang normal dan tidak berlebihan.

3. Sayuran Hijau

Mengasup sayuran hijau adalah hal terpenting bagi setiap ibu yang sedang menyusui. Salah satu sayuran hijau yang sangat dianjurkan adalah daun katuk. Sayuran ini diyakini mampu memperlancar produksi ASI serta mengurangi resiko cacat, berkat kandungan asam folat yang dimilikinya.

Selain daun katuk, anda juga bisa mengasup sayuran hijau lainnya seperti bayam, brokoli, dan juga kangkung yang didalamnya mengandung vitamin C, antioksidan, vitamin A, serta zat besi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, baik untuk sang bayi maupun untuk ibunya.

4. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang disarankan untuk diasup oleh ibu menyusui adalah kacang almond dan kacang kedelai. Pasalnya, kandungan nutrisi yang dimiliki kedua jenis kacang-kacangan ini paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Kacang kaya akan  kandungan zat besinya, sehingga mampu mencegah anemia.