yandex
Kesehatan

4 Makanan Pendamping ASI Untuk Bayi 6 Bulan Yang Bernutrisi

Di usia bayi memasuki 6 bulan, setiap ibu bisa memberikan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan meningkatkan imunitasnya. Makanan pendamping ASI yang harus diasup oleh bayi hendaknya adalah makanan bernutrisi berbentuk bubur atau buah-buahan yang mudah dicerna. Pasalnya, sistem cerna bayi masih belum mampu bekerja secara maksimal.

Selain mengasup ASI, hendaknya bayi berusia 6 bulan sudah diajarkan untuk mengenal beragam jenis makanan pendamping ASI lainnya. Umumnya, setiap ibu yang tidak ingin ribet mereka membeli makanan untuk bayi di toko atau supermarket. Akan tetapi, agar kualitasnya lebih terjamin, sebaiknya makanan instan tersebut diganti dengan makanan yang lebih alami.

Makanan pendamping ASI bayi 6 bulan yang direkomendasikan adalah bubur susu. Sejumlah makanan yang diasup bayi pun ppada umumnya selalu berupa bubur. Ketika mengasup buah, tentunya buah tersebut dihaluskan dulu agar dengan mudah ditelan dan dicerna oleh bayi. Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan bayi 6 bulan dan buah yang bisa anda berikan untuk bayi anda agar dapat meminimalisir penggunaan bubur instan yang kurang terjamin kualitasnya.

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisinya. Tidak hanya bayi, orang dewasa sekalipun sangat suka mengasup jenis buah yang satu ini. Karena alpukat punya tekstur yang lembut dan mudah dicerna, anda tidak perlu memblendernya. Cukup dengan menghaluskannya dengan garpu maupun sendok. Buah ini akan menjadi menu makanan bayi 6 bulan yang lebih sehat dan terjamin mutunya untuk bayi anda.

2. Ubi

Ubi merupakan salah satu makanan pendamping asi pertama yang dianjurkan untuk diasup oleh bayi. Didalamnya, ubi mengandung folat, potassium, vitamin E, vitamin A, beta karoten, dan kalsium yang tinggi. Berkat teksturnya yang lembut dan mengandung serat yang tinggi, maka ubi menjadi pilihan makanan yang tepat untuk membantu memperlancar proses pencernaan sang bayi.

3. Bubur susu kentang

Makanan pendamping ASI yang dapat anda berikan untuk bayi berusia 6 bulan adalah bubur susu kentang. Mengasup makanan yang lebih bervariasi sangat dianjurkan agar bayi tidak bosan lantaran mengkonsumsi makanan yang sejenis setiap harinya. Untuk membuatnya, anda cukup menyediakan 50 gram kentang yang telah dikupas, dikukus, dan di potong kecil-kecil. Selain itu, sediakan pula susu ASI sebanyak 50 ml, atau anda bisa menggunakan susu formula lain.

Untuk cara pembuatannya, haluskan kentang terlebih dulu dan campurkan dengan sedikit susu menggunakan blender. Tambahkan susu yang tersedia dan bubur pun siap disajikan dan diasup oleh buah hati anda. Sama halnya dengan pembuatan bubur susu, anda perlu menyaringnya agar tidak ada gumpalan yang tersisa.

4. Bubur sayur

Bubur bayi 6 bulan yang bisa anda buat sebagai makanan pendamping ASI adalah bubur sayur. Sejatinya, bayi perlu mengasup beragam jenis sayuran untuk menunjang kesehatan tubuhnya. Untuk pembuatannya, makanan ini dibuat dengan cara yang mudah dan sederhana. Anda bisa memanfaatkan 50 gram brokoli yang telah dikukus dan dipotong kecil-kecil. Setelah itu sediakan juga 5 sendok makan susu formula atau ASI.

Untuk membuatnya, haluskan potongan brokoli dengan blender dan campurkan dengan susu yang telah disiapkan. Setelah hampir halus, tambahkan kembali susu yang tersisa. Setelah siap, makanan ini bisa langsung diasup oleh bayi anda untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap. Agar tidak bosan, anda bisa mengganti brokoli dengan jenis sayuran lainnya seperti wortel, sawi, kangkung, bayam, dan lain sebagainya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button