4 Hal Agar Resume Kerja Anda Maksimal by Reynolds
4 Hal Agar Resume Kerja Anda Maksimal by Reynolds

DUAKALI.COM, JAKARTA – Brie Weiler Reynolds adalah seorang manager di Flexjobs, sebuah situs yang mendapatkan penghargaan dalam “telecommuting and flexible job listings“. Pada FlexJobs, Reynolds menawarkan pencari kerja karir dan saran keseimbangan kehidupan kerja melalui blog dan media sosial FlexJobs.

Dia mengatakan bahwa salah satu hal yang membuat kacau para pencari pekerjaan adalah daftar resume yang berlebihan, dimana apa yang dimaksud adalah berlebihan informasi yang dicantumkan di dalam resume. Dalam hal ini, Reynolds akan memberikan tips agar resume yang anda buat bisa lebih singkat dan jelas.

Karena sebagian besar pencari kerja memiliki informasi yang berlebihan di resume mereka dan tidak tahu apa yang harus dihilangkan. Tips ini akn membantu Anda untuk lebih bisa mengatur informasi tentang diri Anda dengan menyajikan dalam format yang mudah dibaca serta dimengerti dengan cepat oleh perekut kerja.

1. Tujuan ini adalah pernyataan di atas resume yang memberitahu perekut kerja apa yang Anda cari dan mereka bisa memastikan bahwa Anda tertarik dengan pekerjaan mereka. Gunakanlah Ringkasan Kualifikasi untuk memperkenalkan perekut kerja keterampilan yang paling relevan, pengalaman, dan menunjukkan kepada mereka bagaimana pengalaman Anda dapat sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Penghargaan yang tidak berhubungan, hobi dan minat. CEO kami pernah memiliki seorang pencari kerja yang mengaku menjadi “juara gulat” di resume, yang merupakan prestasi besar, saya yakin. Tapi itu tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang diminta oleh perekut kerja, dan hal ini bisa mengganggu kualifikasi yang telah ditentukan. Kecuali itu langsung menambah kualifikasi Anda untuk pekerjaan atau membantu perekut kerja melihat bagaimana Anda cocok dengan budaya perusahaan mereka (misalnya, jika Anda melamar ke sebuah perusahaan pakaian luar dan Anda adalah seorang avid hiker, itu hobi yang cocok budaya mereka ), biarkan off resume Anda.

3. Terlalu banyak format. Menjaga resume Anda sederhana, sehingga perekrut dapat membacanya dengan cepat dan mudah. Jangan gunakan huruf tebal, miring dan menggarisbawahi sekaligus. Jangan menggunakan lebih dari satu font, dan konsisten dalam cara Anda menyajikan informasi. Daftar bullet jauh lebih mudah untuk dibaca daripada paragraf. Menjaga resume Anda satu spasi, dan mengecilkan margin Anda untuk setengah inci. Anda akan terkejut melihat berapa banyak ruang format yang buruk dapat mengambil pada resume Anda, mendorongnya jauh lebih lama dari itu perlu.

4. Daftar tugas untuk setiap pekerjaan. Alih-alih mengatakan perekrut apa yang Anda lakukan di pekerjaan masa lalu Anda, memberitahu mereka apa yang Anda capai – apa hasilnya menyeluruh Anda sehari-hari tugas? Daripada menulis ulang deskripsi pekerjaan Anda, memberitahu perekrut bagaimana Anda melakukan apa yang Anda lakukan dan mengapa itu membuat perbedaan untuk perekut kerja Anda dan pelanggan.

Apa yang Anda meninggalkan dari resume Anda bisa sama pentingnya dengan apa yang Anda termasuk, jadi pastikan bahwa real estate yang berharga diambil dengan relevan, baik menyatakan, informasi menarik. Perekrut harus dapat memeriksa dari daftar mereka kualifikasi dengan mudah dengan membaca resume Anda, dan pulang dengan rasa siapa Anda dan nilai yang dapat membawa ke perusahaan mereka.(Mashable/HEN)