Sejatinya, gula memang kerap dikait-kaitkan dengan beragam penyakit dan bahkan sering dijadikan sebagai musuh bagi sebagian besar orang. Tapi tak sedikit juga orang yang merasa bagaikan tidak bisa hidup tanpa mengasup makanan atau minuman manis.

Bahkan, ada sebagian orang yang mencoba sama sekali tidak mengasup kandungan gula atau diet gula. Perlu disadari bahwa diet gula justru akan menjadikan tubuh kekurangan kadar gula darah dan energi. Hal ini akan memicu rasa lapar dan mengarahkan pada cara yang tidak menyehatkan.

Sebaiknya, mengurangi mengasup gula dilakukan dengan cara yang bertahap, sehingga tubuh akan terbiasa dengan sejumlah perubahan yang terjadi. Berikut ini ialah beberapa cara simple untuk mengurangi asupan gula yang menyehatkan.

1. Membatasi makanan

Saat anda memutuskan untuk mengurangi asupan gula, berkurangnya energi merupakan hal yang lazim terjadi. Biasanya, dalam kondisi ini menjadikan anda semakin ingin mengasup makanan yang manis. Seorang ahli gizi, Cassandra Barns menyebutkan bahwa mengasup kromonium mampu membantu anda untuk membatasi makanan.

2. Memilih produk makanan dengan bijak

Langkah kedua yang anda bisa lakukan untuk mengurangi gula ialah dengan memilih produk makanan yang diasup dengan lebih  bijak. Tak ada salahnya, jika mulai saat ini anda mencari membaca komposisi dan label nutrisi pada kemasan makanan yang hendak anda konsumsi.

3. Konsisten

Memang, membatasi untuk mengasup gula memang bukanlah hal yang mudah. Harus ada konsistensi serta komitmen dalam menjalaninya. Di saat anda diperhadapkan dengan sejumlah makanan yang manis, lawanlah keinginan daging anda dengan tidak tergiur untuk memakannya. Tunjukkan bahwa anda mempunyai kontribusi dalam menjaga kesehatan sendiri.

4. Kenyang lebih lama

Saat sedang merasakan lapar, hasrat untuk mengasup makanan manis tentunya sulit untuk dihindari. Ketika anda merasa membutuhkan asupan gula, anda bisa mengatasinya dengan mengasup protein.

Mengasup makanan berprotein seperti ikan, daging, biji-bijian, dan kacang-kacangan lebih lama dicerna di dalam tubuh sehingga menjadikan tubuh anda terasa lebih kenyang dengan waktu yang cukup panjang. Jenis makanan seperti ini