Sulit tidur memang akan membuat malam hari anda menjadi menjengkelkan. Kurang tidur akan membuat jadwal yang sudah dipersiapkan di hari esok jadi semrawut. Sebab, tubuh akan terasa lesu dan tidak bertenaga. Idealnya, waktu tidur yang harus dipernuhi setiap harinya ialah 6 hingga 8 jam.

Apabila anda serta merta mengalami kesulitan tidur malam, ada beragam cara yang bisa anda praktekan di rumah. Pilihlah cara yang memang tepat untuk anda sehingga akan tidur terlelap tanpa harus mengkonsumsi obat tidur.

1. Carilah ruangan yang sedikit dingin

Tanpa disadari, ruangan yang dingin dengan suhu 19-22 derajat celcius akan membuat tidur anda lebih nyaman dan terlelap. Bagi sebagian orang, memang ini agak terasa dingin, namun cukup efektif untuk membuat tidur anda berkualitas.

2. Hindari makanan yang berkarbohidrat di malam hari

Sebelum anda tidur, usahakan untuk tidak makanan kudapan berkarbohidrat. Memang, makanan seperti ini bisa menjadikan anda lebih cepat ngantuk, namun tidak membuat tidur anda nyenyak dan berkualitas. Karenanya, karbohidrat merupakan nutrisi yang proses cernanya lebih lama.

3. Matikan Alarm

Alarm mungkin diperlukan untuk membangunkan anda di pagi hari, namun sebaiknya dimatikan saja. Biarkan anda terbangun di pagi hari secara alami. Tidak hanya itu, apabila anda sudah terbiasa terbangung pada jam tertentu, tubuh anda akan dengan sendirinya akan menyesuaikan tanpa harus menggunakan alarm.

4. Tidak bergadang

Pada dasarnya, orang yang terbiasa begadang condong mengalami insomnia. Kelaziman tersebut tentu saja bisa diatasi dengan membiasakan untuk tidur lebih awal. Orang yang keseringan begadang akan merusak konsentrasi seseorang, menurunya daya ingat, dan mudah berubah-ubah suasana hatinya.