yandex
Kesehatan

4 Cara Efektif Tuk Cegah Diare Pada Bayi

Diare pada bayi sangat berbahaya jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Pasalnya, apabila kondisi ini disepelekan tanpa adanya pengobatan maupun pemberian obat diare untuk bayi yang cepat, maka bayi akan mengalami dehidrasi, bahkan bisa berakhir dengan kematian.

Sejatinya, bayi sangat sensitif mengidap diare lantaran imunitas tubuhnya masih sangat lemah. Tak hanya itu, bayi yang punya kebiasaan memasukan benda-benda maupun jarinya sendiri ke dalam mulutnya juga menjadi salah satu pemicu dari munculnya diare pada sang buah hati anda.

Selain itu, ada beragam penyebab diare yang perlu anda ketahui sehingga kondisi ini dapat di cegah demi kesehatan si kecil, yakni seperti infeksi bakteri maupun virus, keracunan makanan, terlalu banyak mengasup jus buah yang tinggi akan kandungan seratnya, ataupun keracunan makanan.

Bagi anda para ibu yang baru memiliki anak pertama, mungkin akan merasa kebingungan saat buah hati anda mengidap diare. Setiap yang hanya mengasup ASI, lumrahnya memiliki feses yang warnanya dapat berubah-ubah sesuai dengan apa yang dikonsumsinya.

Untuk mendeteksi terjangkitnya diare pada bayi, tentunya feses yang dikeluarkan lebih encer dan frekuensi buang air besarnya pun lebih sering. Agar buah hati anda tidak mengalami hal tersebut, sangat disarankan bagi setiap ibu untuk melakukan pencegahan sehingga bayi anda terluputkan dari masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah diare pada bayi yang perlu anda ketahui.

1. Menjaga kebersihan makanan

Agar bayi anda terluputkan dari penyakit diare, upayakan agar anda selalu memberikan makanan yang terjaga kebersihannya. Makanan yang dibuat dari buah dan sayur upayakan untuk di cuci sampai benar-benar bersih. Tak hanya itu, anda juga perlu memastikan bahwa peralatan makan yang digunakan sudah dicuci dan selalu disimpan di tempat yang higienis.

2. Pilih jenis makanan yang tidak menimbulkan alergi

Selain menjaga kebersihan makanannya, anda juga perlu pintar memilah makanan sehat yang akan anda berikan untuk bayi anda. Pasalnya, asupan makanan yang dapat memicu alergi juga menjadi salah satu penyebab terjangkitnya diare pada bayi.

3. Memilih susu formula yang tepat

Sejatinya, tidak semua jenis susu formula yang diperjualbelikan di pasaran cocok untuk bayi anda. ketidakcocokan susu formula tersebut kerap ditandai dengan munculnya diare pada bayi. Oleh sebab itu, selain memilih susu formula yang nutrisinya terjamin kelengkapannya, anda pun perlu jeli menanggapi reaksi tubuh bayi terhadap susu yang diminumnya. Apabila tidak cocok, sebaiknya anda menggantinya dengan jenis susu formula lainnya.

4. Menjaga kebersihan tangan dan lingkungan rumah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap bayi mempunyai kebiasaan buruk, yakni suka memasukkan jarinya ke dalam mulut. Oleh sebab itu, pastikan agar tangannya tetap steril sehingga tidak terkontaminasi oleh bakteri maupun virus ke dalam tubuh bayi anda. Tak hanya itu saja, sangat penting juga bagi anda untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumahnya, mulai dari tempat tidurnya maupun pengasuh dan orang tuanya ketika menggendong sang bayi.

Apabila bayi anda sudah terlanjur mengidap diare, pastikan agar bayi anda tidak mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, apabila bayi anda mengalami diare tapinya sulit untuk menerima asupan cairan dan sering dimuntahkan, sebaiknya periksakan kondisi buah hati anda ke dokter untuk menghindarkan sesuatu hal yang tidak anda inginkan.

Di samping itu, anda pun perlu mewaspadai jika diare pada bayi anda disertai dengan timbulnya lendir atau feses berupa air, maupun feses yang disertai dengan darah. Besar kemungkinannya jika kondisi tersebut diakibatkan oleh bakteri ataupun virus yang lebih berbahaya sehingga membutuhkan tindakan dari dokter dengan cepat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button