Membahas perihal masalah jerawat memang tidak akan pernah ada habisnya. Seperti yang kita ketahui, jerawat merupakan gangguan pada kulit yang sangat menyebalkan serta mengancam, baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan kulit. Hal itulah yang sejatinya menjadi musuh utama, khususnya di kalangan remaja.

Tak hanya muncul pada bagian kulit wajah saja, tapinya jerawat juga dapat muncul pada bagian punggung. Meskipun tidak terlihat oleh banyak orang, namun masalah jerawat di punggung juga begitu mengganggu setiap orang yang mengalaminya.

Pada dasarnya, masalah jerawat sendiri disebabkan oleh kurangnya menjaga kesehatan kulit, demikian pula halnya dengan jerawat pada bagian punggung. Tak hanya itu, jerawat punggung juga dipicu oleh tumpukan keringat dan juga kotoran yang jarang dibersihkan, sehingga terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

Bagi anda yang tidak percaya diri dengan masalah jerawat di punggung, anda bisa memanfaatkan cara alami yang lebih terbukti keampuhannya untuk meluputkan jerawat. Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa anda realisasikan sendiri di rumah.

1. Kunyit

Salah satu cara menghilangkan jerawat di punggung adalah dengan memanfaatkan kunyit. Sejatinya, kunyit merupakan bahan alami yang miliki manfaat yang beragam. Biasanya, kunyit digunakan untuk bumbu dapur, tapinya di dalam dunia kecantikan, jenis bahan alami yang satu ini kerap dimanfaatkan sebagai masker wajah.

Tak hanya mampu mencerahkan kulit wajah, kunyit juga mampu menghilangkan sejumlah masalah pada kulit, utamanya adalah jerawat. Caranya, campurkan minyak wijen dengan bubuk kunyit sampai berbentuk menyerupai pasta, kemudian balutkan pada bagian punggung dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cuci sampai bersih menggunakan air.

2. Lemon

Bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk meluputkan masalah jerawat di punggung adalah lemon. Jenis buah yang satu ini sangat efektif sebagai cara mengatasi jerawat pada punggung. Selain jerawat, lemon juga mampu melenyapkan masalah pada kulit lainnya karena kandungan vitamin C, asam askorbat, dan antioksidan yang tinggi.

Caranya pun sangat mudah, peras dua buah lemon untuk diambil airnya, lalu balutkan pada bagian punggung yang jerawatan. Diamkan sampai 20 menit, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih. meskipun terasa perih, tapinya lemon sudah terbukti keampuhannya untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya.

3. Madu

Banyak orang mengklaim bahwa madu merupakan bahan alami yang kaya akan khasiatnya, baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. Lumrahnya, madu juga sering dimanfaatkan sebagai masker wajah yang ampuh meluputkan masalah jerawat di punggung. Tak hanya itu, madu juga akan menjadikan kulit anda menjadi lebih awet muda dan lembab.

Sifat anti-bakteri yang dimiliki madu ini mampu membersihkan kotoran pada kulit dan meluputkan bakteri yang menjadi pemicu munculnya masalah jerawat. Balutkan madu alami pada bagian jerawat di punggung anda, lalu diamkan hingga 25 menit lamanya. Kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

4. Tomat

Bahan alami lainnya yang ampuh meluputkan masalah jerawat di punggung adalah masker tomat. Tomat mampu menjadikan jerawat cepat kering dan memperbaiki sel-sel kulit yang sudah rusak dan mati. Kemampuan inilah yang membuat tomat sangat vital untuk menjadikan kulit sehat dan cantik. Manfaatkan buah ini untuk mengatasi jerawat pada punggung sebagai masker. Caranya mudah, yakni haluskan tomat, kemudian balutkan pada bagian jerawat yang membandel di punggung anda. Diamkan sampai mengering, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.