Dalam menunjang penampilan yang cantik, setiap wanita tak hanya perlu memperhatikan bagian wajah dan badan tubuh saja, tapinya juga harus memperhatikan lutut dan siku. Pasalnya, kedua bagian tubuh ini sangat rawan dengan kulit gelap.

Pada dasarnya, kulit gelap pada siku dan lutut ini terjadi akibat penumpukan sel kulit mati lanataran sering mengalami gesekan maupun benturan. Apabila anda mengalami kondisi seperti itu, hal tersebut dapat diatasi. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mampu mengembalikan kecerahan serta kemulusannya.

Untuk mencerahkan kulit lutut dan siku, banyak wanita yang memanfaatkan lotion ataupun cream pemutih. Memang cara itu bisa sedikit membantu, tapinya alangkah baiknya anda menglakukan perawatan dengan cara alami yang lebih aman dan juga lebih murah. Dibawah ini adalah beberapa cara memutihkan lutut dan siku secara alami.

1. Gula dan Jeruk nipis

Untuk memutihkan kulit secara alami, anda bisa memanfaatkan gula dan jeruk nipis. Pada dasarnya, gula dan jeruk nipis merupakan dua bahan alami yang mampu meluputkan sel-sel kulit mati, sehingga menjadikan kulit lebih lembab dan cerah.

Penggunaannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 2 sendok makan gula pasir, lalu larutkanlah ke dalam perasan jeruk sampai menyerupai pasta. Balutkan dan gosokan pada bagian lutut dan siku anda selama 5 menit, kemudian tunggu hingga mengering. Setelah itu, bersihkan menggunakan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan perawatan ini maksimal 2 kali per minggunya.

2. Madu dan Kunyit

Cara memutihkan kulit siku dan lutut selanjutnya adalah dengan memanfaatkan madu dan kunyit. Perlu kita ketahui, kedua bahan alami ini krusial tuk mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada lutut dan siku tersebut.

Cara meramunya pun sangat sederhana. Siapkan 2 sendok madu dan bubuk kunyit, lalu campurkan kedua bahan ini hingga tercampur secara merata. Balutkan sambil pijat lutut dan siku anda selama 5 menit. Kemudian diamkan sampai 10 menit dan bilas menggunakan air bersih. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap harinya di rumah sebelum tidur. Meski cara mencerahkan kulit yang satu ini menimbulkan warna kuning, anda tidak perlu khawatir, sebab warna kuning alami ini akan hilang dengan sendirinya.

3. Yoghurt dan cuka putih

Tidak hanya kaya manfaat untuk kesehatan, tapinya yoghurt juga mampu mencerahkan kulit lutut dan siku. Kombinasi yoghurt dengan cuka putih yang didalamnya mengandung asam asetat dan asam laktat memiliki pengaruh yang besar untuk melembabkan dan memutihkan kulit anda. Caranya, anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok yoghut dan cuka putih. Aduklah hingga merata, lalu oleskan pada lutut dan siku anda. Tunggu selama 15 menit, lalu bilaslah menggunakan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin jika ingin mendapatkan hasil optimal.

4. Lidah buaya dan minyak kelapa

Seperti yang telah kita ketahui, lidah buaya merupakan bahan alami yang sangat identik dengan kesehatan dan kecantikan rambut. Tapinya, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik kulit, sama halnya dengan minyak kelapa.

Kombinasi di antara minyak kelapa dan lidah buaya, dapat anda manfaatkan sebagai masker untuk mencerahkan kulit lutut dan siku. Dalam penggunaannya, siapkan 2 sendok gel lidah buaya, lalu masukan minyak kelapa dan aduk sampai merata. Balutkan campuran tersebut pada lutut dan siku anda, kemudian tunggu sampai 10 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air sampai bersih.