Bisnis rumahan kini menjadi primadona di tengah maraknya usaha yang berkembang saat ini. Sejatinya, berwirausaha tidaklah semudah dibandingkan menjadi karyawan di sebuah instansi atau organisasi yang setiap bulannya bisa mengantongi gaji. Apalagi jika gaji yang didapat cukup menjanjikan untuk menunjang kebutuhan hidup setiap harinya.

Meski begitu, bagi anda yang tertantang untuk berwirausaha, tentunya hal ini akan menjadi suatu hal yang mengasyikan dan menyenangkan. Banyak orang yang berpikiran jika merintis usaha sendiri membutuhkan modal yang besar. Memang hal itu benar, tapi anda pun harus menyadari jika modal yang diperlukan itu tak semata-mata hanya uang saja, melainkan juga waktu dan kreatifitas.

Yang menjadi problema bagi kebanyakan orang saat ini ialah bagaimana kreativitas, modal, dan waktu yang anda miliki itu mampu menjadikan anda sebagai seorang wirausahawan yang sukses. Nah, untuk anda yang masih bimbang untuk memilah peluang usaha rumahan apa yang tepat, berikut ini adalah beberapa ide bisnis modal kecil yang bisa anda pertimbangkan untuk memulai sebuah usaha.

1. Bisnis Pulsa Elektrik

Bisnis pulsa elektrik merupakan bisnis rumahan yang bisa anda rintis hanya dengan bermodalkan uang Rp 100 ribu saja. Dengan menggunakan modal tersebut, anda sudah bisa berjualan pulsa. Selain modalnya kecil, usaha ini dapat dijalani dengan mudah, karena tidak membutuhkan tempat usaha dan anda bisa membawanya kemanapun anda pergi.

Anda hanya perlu menyiasati dan mengembangkan kreativitas anda agar mendapatkan pelanggan setia. Kunci keberhasilan dari bisnis ini ialah transaksi yang mudah, pelayanan yang cepat, dan proses yang lancar. Bagi anda yang tertarik menjalani usaha modal kecil ini, sebaiknya tidak membiasakan konsumen untuk berhutang. Sebab, banyak pelaku usaha pulsa yang mengalami gulung tikar karena membiasakan hal ini kepada pelanggannya.

2. Menjual Ebok lewat internet

Electronic book atau Ebook merupakan sebuah buku berbasis elektronik yang pada dasarnya termuat dalam bentuk MS Word, Power Point, PDF File dan lain sebagainya. Jika anda punya segudang ide untuk menjual barang atau jasa kepada pihak lain, maka anda bisa membuatnya dalam format ebook.

Sejatinya, ebook yang banyak diminati adalah yang berisi trik, tips, maupun panduan untuk mendapatkan uang ataupun beragam informasi yang sedang dibutuhkan oleh para pembaca. Untuk memulai bisnis online ini, anda tidak membutuhkan uang yang banyak. Anda hanya perlu bermodalkan tenaga, pikiran, waktu, serta perangkat keras seperti laptop dan akses internet.

3. Usaha kerajinan tangan

Bisnis rumahan yang satu ini tentunya menuntut kemampuan dan inovasi dalam membuat hasil karya yang menarik dan diminati banyak orang. Beragam ide bisnis yang bisa anda rintis dari potensi ini ialah menghasilkan kerajinan seperti gerabah, daur ulang pastik, rajut, kerajinan logam, kerajinan dari limbah, daur ulang sampah plastic, kain perca, lampion benang, dan lain sebagainya.

4. Menjadi Dropshipper

Peluang usaha bisnis rumahan yang satu ini cukup menjanjikan apabila ditekuni dengan tekad yang bulat dan kesungguhan. Dropshipper merupakan sebuah bisnis menjajakan produk orang lain tanpa kita harus membelinya. Tentunya, usaha ini tidak membutuhkan modal, karena anda tidak perlu menguras uang untuk memulainya.

Dalam merintis bisnis rumahan ini, anda hanya perlu mencari pembeli dan pemilik dari barang yang akan anda jual. Selisih harga jual dapat anda tentukan sendiri dan itulah yang akan menjadi penghasilan anda. usaha ini memiliki peluang yang menjanjikan dan bisa dijalani dengan menggunakan smartphone saja. Anda bisa mengandalkan media sosial seperti instagram, facebook, Twitter, grup BBM, maupun grup Whatsap dengan menciptakan took online sendiri.