Tak hanya pemilik rambut keriting, rambut kusut tentunya juga kerap mendera anda pemilik rambut lurus. Kondisi rambut yang seperti ini pastinya sangat mengganggu, apalagi saat anda menyisirnya, maka akan ada beberapa helai rambut yang rontok.

Tak hanya itu, hal ini pastinya juga akan dialami bagi mereka yang memiliki rambut panjang ataupun pendek. Bila anda tidak ingin mengalami masalah tersebut, anda bisa mencoba mempraktekan tips mengatasi rambut kusut berikut ini.

1. Menggunakan shampo dan kondisioner yang tepat

Salah satu penyebab rambut kusut adalah keringnya kondisi rambut anda. Untuk itu, jika anda keramas, gunakanlah shampo dan kondisioner yang mengandung protein tinggi. Perlu diingat, anda pun harus menyesuaikan shampo dan kondisioner dengan jenis rambut dan kulit kepala yang anda miliki.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa mencoba menggunakan leave-in conditioner tiap harinya dan masker yang setiap satu minggu sekali.

2. Beri Asupan nutrisi

Salah satu tips mengatasi rambut kusut yang bisa anda coba dirumah adalah memberikan asupan nutrisi dari dalam dan luar rambut anda. Untuk nutrisi dari dalam, anda bisa memakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan proteinnya, seperti telur, kacang-kacangan, ikan, dan ayam.

Sementara untuk yang dari luarnya, anda bisa memanfaatkan minyak zaitun atau minyak kelapa sehingga memberikan kelembapan untuk rambut anda. Untuk penggunaanya sangatlah mudah, gunakan 2 hingga 3 tetes minyak di telapak tangan, kemudian balutkan ke ujung rambut.

3. Gunakan sisir yang tepat

Untuk mengatasi rambut kusut, penggunaan sisir yang tepat sangatlah mempengaruhi. Pemilihan sisir yang salah akan membuat rambut anda semakin kusut dan bahkan kasar. Sebaiknya anda menggunakan sisi yang memang fungsinya dikhususkan untuk rambut kusut. Pilihlah sisir yang sikatnya terbuat dari bahan alami sehingga akan mengurai kekusutan rambut anda.