yandex
Gaya Hidup

3 Negara Ini Miliki Tradisi Imlek Yang Menarik Untuk Diketahui

Bagi sebagian besar masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, tahun baru imlek merukan momen terpenting dan terbesar di setiap tahunnya. di Indonesia sendiri, imlek disambut dengan begitu meriah dan sering kita jumpai sejumlah tempat yang dihiasi dengan dekorasi khas imlek, seperti lampu lampion, pohon angpau, dan masih banyak lagi.

Biasanya, sejumlah klenteng yang ada pun banyak dikunjungi sejumlah umat untuk sembahyang. Bahkan beberapa hari menjelang hari raya imlek itu sendiri, tak sedikit masyarakat yang melakukan ritual mendoakan arwah dari anggota keluarganya.

Tradisi imlek yang paling digemari banyak orang ialah berkumpul bersama sanak saudara dan disertai acara makan-makan, tepatnya satu hari sebelum imlek. Sama hanya seperti di Indonesia, di sejumlah negara lainnya pun perayaan imlek juga selalu disambut dengan meriah dan sukacita. Nah, dibawah ini akan dibahas tentang tradisi Imlek di 3 negara besar yang menarik untuk diketahui.

1. Hong Kong

Di Hong Kong, perayaan imlek dilangsungkan di kawasan Tsim Sha Tsui – Kowloon, yakni sebuah daerah yang dikenal dengan pusat perbelanjaan dan kuliner yang difavoritkan para turis. Dalam perayaannya, akan diselenggarakan sebuah parade, yang terdiri dari kereta hias, street performer, dan tentunya ada parade Ayam Api yang menjadi mascot shio di tahun ini.

Walaupun acara tersebut hanya dapat digunakan kepada pengunjung yang mempunyai tiket, tapinya masyarakat umum bisa menyaksikannya secara gratis ketika parade tersebut melintas ke daerah Caton Road, Haipong Road dan Nathan Road. Acara yang dikenal dengan nama Parade Chinese New Year Night 2017 di Hong Kong akan dilangsungkan pada 28 Januari 2017 pukul 20.00 – 21.45 waktu setempat.

3 Negara Ini Miliki Tradisi Imlek Yang Menarik Untuk Diketahui 2

 

2. Singapura

Di Singapura, juga terdapat tradisi imlek yang menarik, lho. Yang paling terkenal adalah Festival River Hongbao yang menampilkan beragam lampu lampion raksasa menyerupai Dewa keberuntungan, hewan-hewan dan 12 shio yang ada, serta sejumlah ikon kebudayaan Tiongkok lainnya. Tidak hanya itu, terdapat pula atraksi jalanan, bazar makanan, pameran seni kaligrafi, pertunjukan kembang api dan masih banyak lagi.

Tradisi imlek tersebut dikenal dengan Festival River Hongbao yang diselenggarakan di Floating Platform, Marina Bay pada 26 Januari sampai 4 Februari 2017. Setelah acara tersebut berakhir, akan diselenggarakan kembali festival meriah lainnya yakni, Chinggay Parade. Parade ini mempertunjukan keragaman budaya Singapura yang akan diselenggarakan pada 10 hingga 11 Februari 2017 bertempat di The Pit Building Republic Boulevard.

3. Tiongkok

Salah satu tradisi imlek yang dilakukan masyarakat Tiongkok adalah menggunakan pakaian dalam berwarna merah, tepatnya satu hari sebelum imlek. Tradisi tersebut dilakukannya karena mereka percaya bahwa hal tersebut dapat membawa keberuntungan.

Bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Tiongkok ketika tahun baru Imlek, semarak dan kemeriahan Imlek bisa dirasakan di Shanghai dan Beijing. Di Beijing sendiri, terdapat dua festival klenteng yang begitu terkenal, yakni Ditan Park Temple Fair dan Dongyue Temple Fair.

Dalam festival Ditan Park Temple Fair, anda akan menjumpai bazar makanan serta jajanan khas Tiongkok, sejumlah atraksi tarian, Barongsai, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk festival Dongyue Temple Fair, terdapat pameran budaya keberuntungan, yang dalam bahasa Tiongkoknya adalah ‘Fu’. Kedua tradisi imlek di Tiongkok ini akan diselenggarakan pada 27 Januari hingga 3 Februari 2017.

Sementara di Shanghai, setiap tahunnya akan diselenggarakan acara Longhua Temple Celebration, yakni sebuah ritual yang mengikutsertakan 108 biksu. Dalam acara tersebut, mereka akan memanjat Longhua Temple dan membunyikan bel untuk menandakan bahwa tahun baru imlek sudah dimulai. Tak hanya itu, tradisi imlek tersebut dipercayai juga sebagai cara untuk mengusir roh-roh jahat. Ada pula festival lampion pada 11 Februari yang diselenggarakan di Yu Garden.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button