yandex
Sepak Bola Luar Negeri

3 Kandidat Juru Racik Timnas Indonesia Yang Diunggulkan Alfred Riedl

Pasca gagal menjawarai kompetisi Piala AFF 2016, masa depan sang pelatih, Alfred Riedl dikhawatirkan bakal terancam. Pasalnya, saat ini belum diketahui apakah masa kerjanya menukangi Timnas Garuda akan diperpanjang atau sebaliknya. Seperti yang kita ketahui, kontrak Riedl bersama Indonesia akan berakhir setelah kompetisi antar negara Asia Tenggara itu berakhir.

Alfred Riedl sendiri sudah gagal dalam mewujudkan harapan semua supporter Timnas Garuda yang melihat tim yang unggulannya itu harus pulang ke Tanah Air dengan tangan yang hampa. Hal itu terjadi setelah Timnas berhasil ditaklukan oleh Thailand pada babak final Piala AFF 2016 yang dihelat di Rajamangala Stadium.

Seharusnya, Indonesia mampu memanfaatkan peluang yang ada berupa perolehan poin 2-1 atas Timnas Thailand pada leg final pertama yang dihelat di Stadion Pakansari, Bogor. Namun nyatanya, keberuntungan tidak berpihak pada Timnas Indonesia. Kegagalan tersebut menjadikan Riedl mengkhawatirkan masa depannya bersama timnas kesayangannya itu.

Meski mengaku telah gagal membawa timnya menjawarai kompetisi bergengsi tersebut, pelatih berkebangsaan Austria itu mengharapkan agar ia masih dipercaya untuk kembali menukangi Timnas Indonesia sehingga bisa membentuk performa tim lebih baik lagi.

Akan tetapi, Riedl juga sempat menyebutkan bahwa ada 3 calon pelatih yang layak untuk menukangi Timnas Indonesia. Di bawah ini adalah 3 nama yang diunggulkan Alfred Riedl untuk bisa menukangi Timnas Garuda dan membawanya menjadi lebih baik.

1. Hans Peter Schaller

Hans Peter Schaller adalah sosok baru yang bergabung dalam Timnas Indonesia. Karena, Scaller baru saja didaulat sebagai asisten pelatih timnas Garuda dalam kompetisi Piala AFF 2016. Ketika mendaulat Schaller sebagai asisten pelatih, hal tersebut sempat dipertanyakan oleh banyak pihak. Sebab, ia tidak mempunyai perjalanan karir yang gemilan dalam dunia sepak bola.

Setelah menukangi Timnas Laos pada tahun 2011, Schaller menjajakan karirnya bersama beberapa klub di Indonesia, seperti PSM Makassar dan Persiba Balikpapan. Bahkan saat terpilih menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia tahun ini, Schaller pun tidak terlalu aktif.

2. Wolfgang Pikal

Karir Wolfgang sebagai seorang pelatih berawal dari perkenalannya dengan Dick Buitelaar, yang merupakan mantan juru kunci dari Perseden Denpasar. Di tahun 1999, Pikal memutuskan untuk mengikuti kursus pelatihan pada beberapa klub ternama di Eropa, seperti Ajax Amsterdam, Aston Villa, dan Arsenal.

wolfgang-pikal

Pada tahun 2008, Pikal pun dipertemukan dengan sosok Alfred Riedl yang kala itu menjadi juru racik klub Haipong. Semenjak itu, keduanya saling bertukaran informasi dan setelah Riedl didaulat sebagai pelatih timnas Indonesia untuk menghadapi Piala AFF 2010, Pikal didaulat sebagai asisten pelatih. Tapinya sayang, kolaborasi diantara keduanya belum mampu menghasilkan gelar jawara.

3. Widodo Cahyono Putro

Widodo Cahyono Putro juga diunggulkan oleh Alfred Riedl untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia. Salah satu kelebihan yang dimiliki widodo jika dibandingkan dengan dua kandidat tersebut ialah pengalaman yang dimilikinya sebagai pelatih dan juga pemain.

Ketika menjadi seorang pemain, popularitasnya begitu gemilang bersama Petrokimia Putra Gresik pada dua periode. Sementara jika berbicara mengenai pengalamannya dalam melatih, Widodo sudah mulai menukangi Petrokimia Putra Gresik di tahun 2004 dan selanjutnya menjadi asisten pelatih Timnas Garuda di tahun 2005 sampai 2006.

Berdasarkan catatan yang ada, Widodo sempat menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia di ajang kualifikasi Olimpiade 2008. Tak hanya itu, ia juga pernah didaulat menjadi asisten pelatih pada Sea Games 2007 serta kualifikasi Piala Asia 2011.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button