Serie A – Salah satu laga yang akan menghiasi giornata akhir pekan ini di Serie A adalah pertarungan antara Napoli dan Atalanta. Memang, pertemuan kedua kubu ini mungkin akan tertutupi dengan laga antara Internazionale dan AS Roma yang sudah jelas akan menarik perhatian dunia. Tapi, jika menilai performa kedua kubu musim ini, laga antara Napoli dan Atalanta merupakan salah satu suguhan yang tidak bisa dilewatkan.

Duel Napoli Vs Atalanta Dengan Taruhan Tiket Champions League 1


Bila mengamati sejarah sepakbola Italia, kedua kubu ini memang tidak lepas dari predikat kesebelasan papan tengah. Napoli mungkin pernah meraih masa kejayaan mereka kala Diego Maradona mempersembahkan dua Scudetto ke Naples. Kemudia, Partenopei lebih banyak berpredikat sebagai tim yang tidak diunggulkan. Setidaknya mereka mungkin masih lebih baik dari La Dea, dimana trofi terakhir mereka adalah Coppa Italia tahun 1960an.

Musim ini, kedua kesebelasan ini pun berubah menjadi kompetitor untuk mendapat tiketk Liga Champions musim depan. Napoli mungkin telah membuktikannya sejak beberapa musim belakangan. Bahkan, musim ini mungkin mereka sudah bisa dikatakan sebagai kompetitor untuk Scudetto. Meskipun ditinggal oleh pemain top mereka, Gonzalo Higuain, pada musim panas lalu, Partenopei justru semakin sangar saat ini.

Hanya satu kali menelan kekalahan di Serie A sejak bulan Oktober, Partenopei juga kini memiliki jagoan baru di sektor depan. Trisula Mertens, Lorenzo Insigne dan Jose Callejon di sektor depan seolah tak memiliki hambatan besar untuk meneror gawang lawan. Satu rapor gemilang lain dari Napoli adalah pemain pengganti mereka juga sering membawa imbas positif. Sejauh ini, pemain pelapis Napoli sudah mengantongikan tujuh gol, paling banyak ketimbang tim Serie A lainnya.

Sementara itu, lima laga tak terkalahkan saat ini membuat La Dea hanya terpaut jarak enam poin dengan zona Liga Champions. Pasukan yang ditukangi Gian Piero Gasperini pun kini membukukan 19 poin lebih banyak dari musim lalu pada tempo yang sama. Tentu ini membuktikan bahwa skuat muda La Dea, meski telah ditinggal Roberto Gagliardini pada Januari silam, mereka tetap kompak dan sanggup untuk konsisten menghuni papan atas.

Pada pertautan pertama musim ini, gol semata wayang Andrea Petagna sukses mempersembahkan Atalanta tiga poin. Bukan Cuma itu, kemenangan tersebut pun merupakan kemenangan pertama La Dea atas Partenopei sejak Februari 2014. Dengan statistik kemenangan, 13 berbanding 10 untuk keunggulan Atalanta, tentu laga ini akan menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan pada akhir pekan ini.

Saat ini Partenopei sedang menghuni peringkat ke-3 klasemen Serie A dengan torehan 54 poin dari 25 laga, sedangkan La Dea sendiri tengah menghuni peringkat ke-6 dengan torehan 48 poin dari 25 laga. Duel ini akan sangat penting bagi kedua kubu untuk tetap menjaga kans meraih tiket menuju zona Eropa musim depan.