Sebagian besar masyarakat Indonesia miliki kebiasaan mengasup makanan berdasarkan jam yang sudah mereka tentukan, yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Pada dasarnya, mengkonsumsi makanan dengan waktu yang tepat dan sesuai memang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Tapinya, bagi anda yang sedang menjalani program diet, sangat penting untuk memperhatikan makanan yang diasup setiap harinya. Pasalnya, kenaikan berat badan anda sangat berkaitan erat dengan makanan yang anda konsumsi. Nah, salah satu penyebab kenaikan berat badan yang kerap dialami oleh kebanyakan orang adalah mengkonsumsi makan malam.

Pasalnya, mengasup makanan pada malam hari, apalagi menjelang tidur akan meningkatkan resiko terjadinya penumpukan lemak pada tubuh anda. Alhasil, jika kebiasaan buruk ini selalu dilakukan, maka kenaikan berat badan pasti akan melanda tubuh anda.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi anda yang ingin menjaga berat badan, sebaiknya tidak mengasup menu makan malam yang berat. Nah, dibawah ini adalah beberapa kesalahan makan malam yang seharusnya anda hindari untuk mencegah kenaikan berat badan anda.

1. Tidur dalam kondisi perut kenyang

Lapar di malam hari memang kerap dialami oleh banyak orang. Hal ini tentu tidak bisa tertahankan, sehingga membuat kebanyakan orang mengasup makan malam sebelum tidur. Alhasil, perut anda yang telah terisi dengan beragam jenis makanan dan membuat anda merasa kenyang.

Tapinya, setelah rasa lapar tersebut berubah menjadi kenyang, sebaiknya anda tidak langsung tidur. Pasalnya, kebiasaan buruk tersebut bisa menyebabkan perut anda membuncit dan tubuh anda menjadi gemuk. Oleh karena itu, upayakan untuk memberi rentang waktu antara makan malam dan waktu tidur anda. Tak hanya itu, sebaiknya juga anda menghindari untuk mengasup makanan yang lebih dari 200 kalori di malam hari, untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak pada tubuh.

2. Mengkonsumsi makanan yang salah

Memang, anda tidak dilarang untuk mengasup makan malam. Tapinya, yang perlu anda ingat adalah jangan memilih makanan yang salah. Sebagian besar diet yang gagal disebabkan oleh asupan makanan yang tidak sehat di malam hari. Dalam hal ini, anda harus menghindari makanan yang kandungan lemak dan proteinnya tinggi. Upayakan pula untuk memilih jenis makanan yang rendah akan kandungan gula untuk menghindari obesitas dan beragam penyakit berbahaya bagi tubuh anda.

3. Mengkonsumsi Dessert

Sebagian besar orang menganggap bahwa kurang lengkap rasanya apabila setelah mengasup makanan, tidak mengkonsumsi makanan penutup atau dessert. Tapinya perlu anda ketahui, jenis makanan yang seperti ini mengandung kandungan gula yang tinggi, sehingga memungkinkan terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh anda.

Oleh sebab itu, ada baiknya anda untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Daripada mengasup dessert, sebaiknya anda menggantinya dengan buah-buahan yang lebih segar dan tentunya menyehatkan. Atau bisa juga mengkonsumsi yoghurt.

4. Konsumsi cemilan di malam hari

Rutinitas pekerjaan yang padat di malam hari seringkali menjadikan anda merasa bosan dan membutuhkan sesuatu untuk mengatasi hal itu. Salah satu hal yang kerap dilakukan oleh sebagian besar orang adalah mengasup cemilan. Bahkan mereka menganggap bahwa dengan ngemil, maka mampu menghilangkan rasa kantuk.

Tapinya, bagi anda yang tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, sebaiknya menghindari kebiasaan buruk yang satu ini. Pasalnya, mengasup cemilan di malam hari justru akan menjadikan tubuh anda lebih gemuk. Untuk itu, sebaiknya anda cepat tertidur jangan sampai bergadang guna menghindari masalah tersebut.