Pada dasarnya, tidak semua orang yang mengidap penyakit diabetes mengalami gejala yang jelas, misalnya sering buang air kecil, rasa haus tanpa henti, dan timbulnya rasa kebas pada bagian tangan maupun kaki. Ada beberapa gejala diabetes lainnya yang perlu diketahui untuk melakukan pencegahan maupun pengobatan.

1. Penglihatan menjadi lebih jelas

Salah satu gejala diabetes yang tak terduga dan perlu anda ketahui adalah penglihatan tiba-tiba lebih jelas tanpa membutuhkan kacamata. Seorang asisten profesor kedokteran di Vanderbilt University, Howard Baum, MD, menyebutkan bahwa gejala diabetes bisa dialami seseorang bila penglihatannya tiba-tiba menjadi lebih baik atau lebih buruk.

“Suatu hari saya pernah mempunyai pasien yang memaparkan bahwa penglihatannya sangat baik saat kadar gula di dalam darahnya melonjak. Kemudian saat mereka melakukan pengobatan, mereka membutuhkan kembali kacamata. Hal ini disebabkan oleh kadar cairan yang ada di dalam tubuh berpindah, salah satunya pada bagian mata yang memicu pada terganggunya penglihatan yang tidak menentu,” jelas Howard Baum.

2. Sering merasa gatal

Sejatinya, penyakit diabetes mengganggu peredaran darah di dalam tubuh yang mengakibatkan timbulnya rasa gatal pada kulit. “Sejumlah pasien saya yang baru mengidap diabetes memaparkan bahwa mereka merasakan gatal pada bagian telapak kaki, tangan, dan kakinya,” beber Howard.

3. Pendengaran terganggu

Apabila akhir-akhir ini pendengaran anda mulai terganggu, misalnya harus mendengar suara dalam volume yang keras, hal ini menunjukan adanya gejala diabetes yang perlu anda waspadai. Sebuah penelitian yang dilakukan National Institute of Health menyebutkan bahwa kehilangan pendengaran besar kemungkinannya adalah awal dari gejala penyakit diabetes.

Dalam penelitian tersebut juga dipaparkan bahwa orang-orang yang kadar gula darahnya di atas dari kata normal memiliki kemungkinan mengalami masalah pendengaran sebesar 30 % apabila dibandingkan dengan mereka yang kadar gula darahnya normal. Pasalnya, diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang mampu merusak pembuluh darah serta saraf pada bagian telinga.

4. Perubahan yang signifikan pada kulit

Gejala diabetes lainnya yang perlu anda waspadai ialah mulai munculnya bercak gelap dan halus pada bagian kulit anda. Dominannya, bercak tersebut bermunculan di bagian siku, tulang pangkal jari, dan juga leher bagian belakang. Kondisi ini menunjukan bahwa kadar gula darah di dalam tubuh anda sangat tinggi.

Sanjiw Saini, MD, pakar dermatologis di Edgewater, Maryland memaparkan bahwa tingginya kadar insulin di dalam tubuh mengakibatkan pelonjakan pertumbuhan sel pada kulit yang akan menjadikan terdeteksinya peningkatan kadar gula. Kondisi ini menggambarkan bahwa pasien mengidap penyakit diabetes.

Untuk mengatasi hal tersebut, pasien setidaknya harus mengurangi bobot badannya hingga 5 kg guna menurunkan kadar gula darah. Tak hanya itu, bercak tersebut juga dapat diluputkan dengan menjalani terapi laser ataupun topical retina A.

5. Mendengkur sangat keras

Osama Hamdy, MD direktur dari manajemen pasien diabetes di Joslin Diabetes Center, Boston memaparkan bahwa sebagian besar pengidap penyakit diabetes mengalami gangguan pernapasan ketika tidur. Untuk itu, bagi anda yang mendengkur sangat keras ketika tidur, maka dianjurkan untuk mengecek gula darah ke dokter.

Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan di Kanada memaparkan bahwa sebanyak 23 pasien yang mengidap gangguan sleep apnea ringan atau gangguan tidur, maka besar kemungkinan akan menderita penyakit diabetes pada waktu 5-6 tahun mendatang. Pada dasarnya, pasien yang mengalami gangguan pernapasan ketika tidur, akan meluputkan hormon stres yang secara otomatis mampu melonjakan kadar gula di dalam darah.