Selain dikenal sebagai cemilan sehat yang mampu meningkatkan mood, manfaat coklat ternyata juga bisa dirasakan oleh para ibu hamil, lho. Tak hanya menyehatkan untuk ibu di masa kehamilan, tapinya coklat juga sangat baik untuk tumbuh kembang bayi yang dikandungnya.

Namun dalam hal ini, yang perlu anda ingat adalah jangan mengasup coklat secara berlebihan ketika hamil. Pasalnya hal itu dapat memicu resiko diabetes bagi ibu hamil. Nah, dibawah ini akan dibahas beberapa manfaat coklat untuk ibu hamil yang perlu anda ketahui.

1. Menormalkan tekanan darah

Menjaga kestabilan tekanan darah di dalam tubuh sangatlah penting bagi setiap ibu hamil di masa kehamilannya. Tapinya dalam beberapa kasus, kerap dijumpai ibu hamil yang mengalami tekanan darah yang tinggi. Bagi anda yang mengalami hal yang demikian, konsumsi coklat mampu membantu anda dalam menormalkan kembali tekanan darah anda serta meminimalisir resiko cacat pada janin.

Kemampuan tersebut dimiliki lantaran di dalamnya, coklat mengandung senyawa theobromin yang bermanfaat untuk mencegah tingginya tekanan darah di dalam tubuh. Setiap ibu hamil yang mengasup coklat dalam takaran yang tepat juga mampu mencegah resiko pelebaran pembuluh darah yang begitu riskan terjadi pada ibu hamil.

2. Memberikan efek bahagian pada bayi

Selama masa kehamilan, beragam tekanan yang muncul akan menjadikan setiap ibu hamil mengalami ketidaknyamanan. Tak hanya itu, sejumlah problema yang bersangkutan dengan masalah kehamilan juga bisa menjadi ancaman buruk bagi setiap ibu hami, utamanya adalah menyebabkan stres. Kondisi inilah yang dapat menjadikan ibu hamil merasa tidak bahagia yang secara otomatis dirasakan juga oleh bayi di dalam kandungan.

Tapinya, dengan mengasup coklat dengan takaran yang tidak berlebihan setiap harinya, mampu meminimalisir terjadinya resiko stres pada ibu hamil dan juga pada bayi yang dikandung. Bahkan, manfaat coklat untuk ibu hamil juga pernah diteliti oleh sejumlah peneliti dari majalah kesehatan ibu hamil di Finlandia.

3. Meningkat sistem imum tubuh

Khasiat coklat yang selanjutnya untuk ibu hamil adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh bagi setiap ibu hamil. Sama halnya dengan teh, coklat juga miliki kandungan flavonoid yang tinggi, dimana kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan alami.

Dalam hal ini, manfaat coklat berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya tak hanya mampu mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker pada ibu hamil, tapinya juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga agar janin yang dikandungnya tetap sehat. Beragam jenis olahan coklat pun dapat dikonsumsi oleh setiap ibu hamil, khususnya coklat yang memiliki kandungan gula rendah.

4. Mempengaruhi suasana hati ibu hamil

Tak sedikit kaum ibu yang menyebutkan bahwa di masa kehamilan, setiap ibu hamil akan mengalami perubahan suasana hati atau suasana hatinya menjadi tidak stabil. Dengan mengasup coklat, maka akan membantu setiap ibu hamil untuk menstabilkan suasana hatinya, sehingga akan mengurangi perasaan ingin marah, sedih, maupun khawatir yang berlebihan.

5. Meminimalisir resiko Jantung

Manfaat coklat lainnya juga dapat diperoleh oleh ibu hamil untuk meminimalisir resiko penyakit jantung. Dalam hal ini, coklat miliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang tidak hanya bermanfaat sebagai pencegah kanker, tapinya juga untuk memelihara kesehatan jantung dan menghindari beragam serangan penyakit lainnya. Konsumsi coklat di masa kehamilan juga mampu menurunkan resiko penyakit jantung pada bayi di dalam kandunga. Dengan demikian, anda bisa mengkonsumsinya, tentunya dengan takaran dan porsi yang tidak berlebihan.