Selain diwajibkan untuk menjaga penampilan, setiap wanita juga perlu menjaga kesehatan vaginanya, apalagi bagi mereka yang sudah memiliki suami. Apabila tidak mampu menjaga kesehatannya, maka akan beresiko mengalami keputihan yang sering dikeluhkan oleh sebagian besar wanita saat ini.

Pada dasarnya, semua wanita mengalami keputihan. Tapinya, bagi anda yang mengalami keluhan ini namun tidak merasakan gatal dan lendir yang keluar tidak berbau, anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Pasalnya, jenis keputihan yang seperti ini adalah normal untuk anda kaum wanita yang mengalaminya.

Namun, apabila keputihan yang anda alami menimbulkan rasa gatal, anda bisa meluputkan masalah tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang efektif. Nah dibawah ini adalah beberapa cara mengatasi keputihan secara alami yang perlu anda ketahui.

1. Daun sirih

Sejak lama, daun sirih dikenal sebagai obat keputihan alami yang ampuh untuk meluputkan masalah tersebut. Caranya, siapkan beberapa lembar daun sirih, lalu cuci sampai bersih. Rendam daun sirih di dalam air selama 1-2 jam. Kemudian gunakan rendaman air daun sirih tersebut untuk membersihkan vagina anda. Namun, jika bagi anda yang memilih untuk menggunakan sabun yang mengandung ekstrak daun sirih untuk mengatasi keputihan, sebaiknya pilih yang kadar asamnya tidak terlalu tinggi.

2. Biji Ketumbar

Obat untuk keputihan yang selanjutnya adalah biji ketumbar. Jenis bumbu dapur yang satu ini juga krusial untuk mengatasi keputihan. Dalam penggunaannya, anda hanya perlu merendam beberapa bagian biji ketumbar ke dalam air semalaman. Keesokan harinya, minum rendaman biji ketumbar tersebut di pagi hari.

3. Bawang Putih

Cara mengobati keputihan dengan cara alami juga bisa memanfaatkan bawang putih. Caranya, gunakan 1 siung bawang putih, kemudian letakan di atas vagina anda. Diamkan sampai pagi harinya. Pengobatan ini sering dilakukan oleh para orang tua zaman dulu dan dinilai sebagai cara mengatasi keputihan yang paling ampuh.

4. Akar bayam

Bayam tidak hanya bisa dipergunakan untuk bahan masakan saja, tapinya akar bayam juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keputihan. Pasalnya, akar bayam memiliki kandungan anti bakteri yang efektif untuk meluputkan bakteri serta virus penyebab keputihan. Caranya, haluskan akar bayam menggunakan blender, kemudian buatlah dalam bentuk jus dan minumlah secara teratur.

5. Kunyit

Salah satu jenis bumbu dapur yang juga ampuh meluputkan masalah keputihan adalah kunyit. Pasalnya, kunyit memiliki kandungan anti bakteri yang ampuh mengatasi keputihan. Caranya, anda hanya perlu menyiapkan 2 batang kunyit dan segenggam daun betutas, gula aren, dan juga asam. Campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam satu panic air, lalu masak sampai mendidih. Saring rebusan tersebut untuk diambil airnya, dan minumlah secara teratur sebanyak 1 gelas setiap harinya.

6. Akar mawar

Sebagian besar wanita menyukai bunga mawar, lantaran rupanya yang indah dan aromanya yang harum. Ternyata, akar bunga mawar juga diklaim ampuh dalam meluputkan masalah keputihan, lho. Caranya mudah, cuci akar mawar tersebut hingga bersih, kemudian rebuslah sampai mendidih. Setelah itu minum rebusan tersebut yang efektif untuk mengatasi keputihan, utamanya rasa gatal yang ditimbulkannya.

7. Biji Mangga

Selain memiliki rasa yang nikmat pada bagian daging buahnya, biji mangga juga bermanfaat untuk meluputkan masalah keputihan yang dialami sebagian besar wanita. Caranya, keringkan biji mangga dan haluskan hingga menjadi serbuk. Campurkan bubuk biji mangga tersebut hingga bentuknya seperti adonan. Kemudian balutkan pada bagian vagina anda untuk mengatasi keputihan secara efektif dan alami.