Ketajaman Lionel Messi di jagat sepakbola sudah tak terelakkan. 5 titel Ballon d’Or dengan sederet trofi di lemari pribadi menjadi bukti kepiawaian pemain bernomor punggung 10 di Camp Nou. Sebagai pemain, Messi terbilang lengkap. Dia tak hanya tajam dalam menciptakan gol tapi dia juga semakin matang dalam hal bermain. Messi tidak mementingkan egonya dan rela berbagi dengan pemain lain. Terutama di depan gawang, Messi memang sulit ditaklukan. Tapi itu bukan berati tak ada pemain yang bisa mendekati kepiawaian Messi di Blaugrana. Berikut 5 pemain yang dinilai setara atau mendekati La Pulga :

1. Pierre Emerick Aubameyang


Penyerang Borussia Dortmund ini berubah menjadi monster yang mematikan bagi para pemain belakang lawan. Sejak dipinang oleh Borussia Dortmund pada musim 2013/14, dia menjadi pemain yang tak digantikan. Perannya dibutuhkan karena ia konsisten dalam mendulang gol bagi Dortmund. Statistik membukukan jika dia sanggup menciptakan 10 gol lebih per musim dengan Dortmund.

Di dua musim terakhir, pencapaian pemain berkebangsaan Gabon ini kian moncer. Musim lalu, ia membukukan 39 gol bagi Dortmund di semua kejuaraan. Sedangkan musim ini, dia telah mengoleksi 21 gol di semua kejuaraan. 17 gol diantaranya dia sumbangkan di Bundesliga. Ketajaman Aubameyang didapatkan dari kemahirannya mengambil posisi. Selain itu, dia juga punya akselerasi yang membuat pemain belakang lawan kalang kabut. Ini modal yang baik untuk mendekati pundi-pundi gol Messi.

2. Robert Lewandowski


Ujung tombak Bayern Muenchen yang berasal dari Polandia ini punya bentuk tubuh yang ideal untuk menjadi striker dan target man. Didukung oleh tinggi badan mencapai 1,86 meter, Lewandowski bisa memanfaatkan tubuhnya saat menyundul di depan gawang lawan. Tak hanya tinggi, tapi Lewandowski juga striker yang gesit. Dia punya akselerasi yang membuat bek lawan kerepotan untuk mengawalnya. Kemampuan ini makin lengkap karena Lewandowski juga mahir mengolah bola dengan baik.

Tak ayal jika Lewandowski menjadi penyerang tersubur di Die Rottens atau sejumlah kesebelasan yang pernah dibelanya. Pundi-pundi golnya bisa menjadi bukti ketajamannya. Sejak mengawali karer di klub Polandia Znicz Pruszkow, pemain yang berusia 28 tahun ini berhasil mencatat di atas 15 gol per musim.

3. Romelu Lukaku


Nasibnya sempat tak jelas ketika berseragam Chelsea di musim 2011/12. Namun Lukaku yang kala itu baru berusia 18 saat itu pantang menyerah. Perjuangan beratnya membuahkan hasil manis ketika dipinjamkan ke West Bromwich Albion di musim 2012/13. Dia sukses membukukan 17 gol di Liga Inggris waktu itu dari 35 laga. Gemilang di West Bromwich ternyata belum cukup untuk meyakinkan The Blues. Pada musim 2013/14, dia dipinjamkan ke Everton dan kembali menunjukkan tajinya dengan raihan 15 gol di Liga Inggris.

Everton pun akhirnya mempermanenkan dia pada 2014/15. Dan saat ini, Lukaku berubah menjadi salah satu kompetitor di daftar top skor Liga Primer Inggris. Tanggung jawanbnya dalam membobol jala lawan adalah sesuatu yang mudah bagi Lukaku. Ketika dia mendapatkan momen seperti saat berjumpa dengan AFC Bournemouth, Lukaku tak dapat dihentikan. Dia memborong 4 gol di pertandingan itu sekaligus didapuk menjadi pemain terbaik di matchday ke-24.